SPESIFIKASI SERTA SEJARAH LAHIRNYA CN-235

SPESIFIKASI SERTA SEJARAH LAHIRNYA CN-235   | Kita semua mungkin telah megenal pesawat buatan Indonesia CN-235 pesawat berbadan besar ini merupakan pesawat yang mempunyai berbagai multi fungsi ini telah banyak dilirik dirgantara luar negeri, namanya yang boleh dibilang telah mendunia ini telah banyak dipakai oleh berbagai negara diantaranya negara Spanyol dan Korea, pesawat CN-235 ini menggunakan teknologi turboprop bermesin dua, yang masuk kategori kelas menengah. Pesawat turboprop merupakan pesawat terbang dengan turbin gas yang terhubung ke baling-baling, untuk menggerakkan pesawat.
CN-235 di sebut juga Gatot kaca dengan nama lain Tetuko CN-235 ini hasil kerja sama IPTN yang sekarang berubah nama mendadi PT. DI dengan perusahaan CASA dari negara Spanyol

 Terbang perdana CN-235 pada 30 Desember 1983, dan diperkenalkan pada saat itu oleh perusahaan Merpati Nusantara 1 Maret 1988 
Varian pertama yang dibuat adalah CN-235-10, yang menggunakan mesin GE CT7-7A. Pesawat ini pun kemudian memiliki sejumlah variasi. Antara lain CN 235-330 Phoenix yang digunakan Angkatan Udara Australia dan CN-235-100 yang digunakan Angkatan Udara Spanyol.

Secara umum, spesifikasi dan teknologi yang dikenal adalah CN-235-100/110, yang memiliki kapasitas 45 penumpang dan 2 kursi pilot. Pesawat ini memiliki dimensi panjang 21,4 meter, bentang sayap 25,81 meter, tinggi 8,18 meter, dan area sayap 59.1 meter persegi. Beratnya mencapai 9.800 kg dalam keadaan kosong, dan 15.500 dalam keadaan isi.
Dengan menggunakan dua mesin tenaga penggerak GE CT79C turboprop, dengan masing-masing 1,395 kW, pesawat ini mampu menempuh kecepatan maksimum 509 km per jam. Jarak yang mampu ditempuh sekitar 796 km.
Selain itu pesawat CN-235 termasuk pesawat yang bandel. dan menurut Tubagus yang pernah menjabat Sekretaris Militer pada era Pemerintahan Megawati “Setahu saya sampai sekarang baik di Spanyol maupun di Indonesia belum ada CN-235 yang jatuh,” 

Semoga Pesawat CN-235 yang menjadi kebanggan bangsa Indonesia bisa menjadi cikal bakal dan contoh yang baik untuk perkembangan dunia dirgantara di Indonesia
Selamat untuk IPTN yang sekarang berubah menjadi PT.DI dan Persuahaan CASA dari Spanyol.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s