MENGENAL KEHEBATAN ANDROID JELLY BEAN | FITUR TERBARU JELLY BEAN

MENGENAL KEHEBATAN  ANDROID JELLY BEAN | FITUR TERBARU JELLY BEAN |  Sistem OS android memang cukup banyak, yang saya tahu ada sekitar 8 jenis dari mulai android versi 1.1  yang dikeluarkan pada 9 Maret 2009 dan yang terakhir sebelum jelly bean ini yaitu android versi 4.0 yang dikenal ice cream sandwich yang dirilis 19 Oktober 2011, dari semua versi sistem OS android yang ada, jelly Bean yang mempunyai versi 4.1 sebagai penerus ice cream sandwich yang dirilis oleh google, mempunyai kemampuan lebih dibanding generasi sebelumnya, selain mempunyai fitur-fitur teranyar Jelly Bean juga mempuyai tingkat keamanan yang sangat bagus, sistem keamanan yang dimiliki Jelly Bean berkat mengimplementasikan keamanan berbasis Adress Space Layout Randomization (ASLR), denga sistem tersebut menjadikan malware dan hacker kesulitan menembus serta mengeksploitasi kelemahan corruption memory dikarenakan denga sistem ASLR maping di memori terus diacak, sehingga membingungkan para penjahat cyber untuk menempatkan program jahatnya pada sistem tersebut
Dipadukan dengan teknologi data execution prevention yang juga ditanamkan Google dalam OS Android terbaru tersebut, Jelly Bean menjadi sistem operasi mobile dengan sistem keamananan paling mumpuni.
Sebenarnya Jelly Bean bukanlah OS Android pertama yang mengimplementasikan ASLR. Sebelumnya, Ice Cream Sandwich juga telah dilengkapi fitur keamanan ini. Akan tetapi, menurut Oberheide, implementasi ASLR pada Ice Cream Sandwich kurang optimal dan tidak benar-benar mampu mengurangi ancaman di dunia nyata. 
“Executable mapping dalam proses address space tidak diacak dalam Ice Cream Sandwich, sehingga tetap memungkinkan terjadinya serangan bergaya ROP yang memakai seluruhexecutable. Di Jelly Bean, sebagian besar binary sekarang telah dikompilasi atau terhubung dengan flag PIE, yang berarti bahwa executable mapping akan diacak dengan benar ketika dieksekusi,” jelas Oberheide.
Selain itu, lanjut Oberheide, versi terakhir sistem operasi Android ini juga memiliki mekanisme pertahanan yang lebih baik terhadap eksekusi kode berbahaya dan kebocoran informasi.
Sistem operasi mobile lainnya yang juga terbilang aman adalah iOS 6 bikinan Apple. OS ini mengimplementasikan in-Kernel ASLR yang bahkan lebih aman lagi dibandingkan ASLR pada Jelly Bean. Versi beta iOS 6 sudah dirilis dalam versi beta minggu ini. Versi penuhnya dijadwalkan meluncur pada kurtal ketiga 2012.
“Apple telah menaikkan standar keamanan hingga ke tingkat eksploitasi kernel dengan mengimplementasikan metode-metode mitigasi yang efektif seperti NX, ASLR, dan mandatory code signing. Syukurlah Android mulai bergerak ke arah yang sama, dan Jelly Bean adalah langkah yang besar dalam hal ini.”

Fitur terbaru pada Androdi Jelly Beans
1. Teknologi Project Butter
2. Aplikasi Google Now
3. Notifikasi Lebih pintar
4. Ukuran Widget Selalu Pas
5. Tampilan Foto Gallery Diperbaiki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s