JENIS MAKANAN PEMICU STROKE | MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI PENDERITA STROKE

JENIS MAKANAN PEMICU STROKE | MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI PENDERITA STROKEStroke merupakan penyakit yang banyak di takuti, datang secara tiba-tiba menyebabkan  stroke bisa mengakibatkan kematian pada penderitanya, stroke termasuk penyakit serebrovaskuler (pembuluh darah otak) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke dalam otak. Berkurangnya aliran darah dan oksigen ini bisa dikarenakan adanya sumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah. memalukan olah raga secara teratur seperti joging, aerobik, diet sehat mampu mengurangi resiko stroke. selain pola makan yang harus di jaga pola tidur juga harus di perhatikan karena kurang tidur atau istirahat mampu memicu risiko stroke.

Menurut weeklysauce.com ada beberapa makanan yang harus di hindari untuk mengurangi risiko stroke. Baca juga: manfaat di balik pedasnya cabe rawit, penyakit yang diakibatkan diabetes, Mengapa sampai terjadi gagal jantung

Kerupuk, Keripik, Kue dan Makanan Panggang

Makanan olahan banyak mengandung lemak trans, biasanya ditemukan dalam minyak terhidrogenasi digunakan agar makanan tahan lama.
Dalam penelitian terbaru, para ilmuwan membandingkan sekelompok perempuan yang mengonsumsi tujuh gram lemak tran per hari dengan kelompok yang hanya mengonsumsi sebanyak satu gram lemak trans.
Lemak trans terbukti mampu memblokir aliran darah ke otak, meningkatkan peradangan, dan meningkatkan tingak protein C-reaktif, dan meningkatkan risiko stroke.
Anda juga perlu berhati-hati dengan minyak terhidrogenasi yang tersembunyi di kentang goreng, makanan beku, makanan ringan olahan, popcorn yang dimasak di microwave, bahan campuran kue,whipped cream, dan salad dressing. Karenanya sebelum membeli, bacalah label dengan teliti.

Bacon dan Daging Olahan

Anda tahu bahwa konsumsi natrium berlebihan akan sangat berbahaya untuk tubuh Anda. Burger atau sandwich dengan daging sapi berisi lebih dari sekadar garam yang memiliki konsentrasi tinggi garam.
Natruim nitrat dan nitrit tidak membantu memproses daging olahan, tetapi juga dapat merusak pembuluh darah mengeras dan menyempit. Cobalan untuk membatasi diri Anda mengonsumsi daging asap atau daging olahan. lebih baik pilih daging ikan tuna dengan minyak zaitun dan hummus, selai kacang, buah untuk burger dan sandwich.

Soda Diet

Anda masih dapat memuaskan dahaga dan meminimalkan kalori tanpa meningkatkan risiko stroke. Mereka yang mengonsumsi makanan dengan minum soda sehari-hari memiliki stroke 60 persen lebih besar. Risiko serangan jantung dan penyakit koroner juga secara signifikan lebih tinggi daripada mereka yang jarang minum  minuman ringan.

Daging Merah

Berdasarkan studi di Swedia, perempuan yang rutin makan daging merah memiliki risiko mengalami stroke atau penyakit jantung sebesar 50 persen. Hemoglobin dengan jumlah tinggi ditemukan dalam daging merah dapat mengentalkan darah dan meningkatkan risiko stroke. Cobalah mengganti daging merah dengan sayuran atau tuna, ayam dan ikan salmon.

Sup Kalengan dan Makanan Kemasan
Asupan sodium harian anda tidak melebihi 1.500 mg per hari. Satu sup mi ayam memiliki lebih dari 1.100 mg sodium. Bayangkan jika asupan natrium yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah, yang merupakan salah satu pemicu utama stroke.

Anda memiliki risiko stroke sebanyak dua kali lipat bila tidak menjaga asupan natrium normal sehari-hari seperti yang direkomendasikan. Karenanya, pastikan untuk memeriksa kandungan sodium pada label makanan dan membatasi jumlah baking soda, baking powder, monosodium glutamat (MSG), fosfat dinatrium, dan natrium alginat dalam makanan.
Cobalah untuk memasak makanan sendiri lebih sering menggunakan bahan-bahan organik, segar dan nilai gizi yang tinggi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s