TIPS MENGGANTI KNALPOT STANDAR DENGAN COSTUME | MEMILIH KNALPOT COSTUME YANG TEPAT BUAT MOTOR

TIPS MENGGANTI KNALPOT STANDAR DENGAN COSTUME | MEMILIH KNALPOT COSTUME YANG TEPAT BUAT MOTOR | Pabrikan motor sebelum menjual produknya ke pasaran selalu melakukan test drive, dimaksudkan untuk mencari kelemahan, menguji kenyamanan, tes performa mesin serta ketahanannya. Motor keluaran sekarang, walaupun mempunyai cc kecil khusunya bebek dan matik namun mempunyai performa mesin yang lumayan bagus. Bagi sobat semua yang masih merasakan performa mesin motornya kurang pas atau suaranya juga kurang ngebas, mengganti knalpot standar dengan knalpot cotume sebagai pilihan alternatif, selainn harganya ekonomis juga pengaplikasiannya tidak terlalu sulit, namun tetap tahapan serta teorinya  harus di perhatikan juga, agar tenaga atau suara yang kita inginkan sesuai, biasanya motor yang mengganti knalpot standar dengan kenalpot cotume tenaganya akan naik 1-2 ps lumayan kan
Menurut Indra, pemilik Doctor Muffler di kawasan Kalimalang, Jakarta Timur, “sebelum mengganti knalpot standar dengan knalpot cotume terlebih dahulu kita harus mengenal kapasitas mesin dengan lobang knalpot”, sepertinya jika lobang knalpot terlalu besar sedangkan cc motor hanya 110 cc. bukannya menaikan ps yang ada hanya berisik dan mungkin boros bensin, memilih  kenalpot costume yang tepat selain menaikan ps juga akan memberikan efek suara yang lebih nyaman untuk didengar, tidak berisik dan tidak bikin tetangga kita naik darah hehehe…  

Berikut tips sederhana pemasangan knalpot costume: 
1. Paling simpel adalah menyesuaikan besaran kapasitas (CC) mesin dengan diameter lubang knalpot custom. Misalnya bebek 100 cc, diameter knalpot tidak boleh lebih dari 1,25 inci. Untuk jenis sport 150 cc maksimal 1,5 inci. Jika berkapasitas 250 cc, diameter lubang yang cocok  2 inci. Diameter lubang ini akan menentukan suara dan performa motor.
2. Saringan dalam knalpot juga menetukan performa. Jika terdapat benjolan-benjolan akan punya nafas lebih panjang (torsi kecil, nafas panjang). Jika saringan di dalam bentuknya polos sesuai diemeter lubang, motor akan punya tenaga lebih besar, tapi nafasnya lebih pendek.
3. Suara yang dihasilkan bergantung pada bahan dan ketebalan glasswool. Semakin padat dan bahannya berkualitas, suara akan semakin bulat dan tidak berisik. Soal ini, kita bijak karena suara yang terlampau bising akan mengganggu orang lain dan kabarnya akan ditindak tegas. Batas kebisingan motor 80-175 cc adalah 83 Db, sedangkan batas suara knalpot motor di atas 175 cc adalah 80 Db.
4. Jika khawatir menimbulkan dampak pada mesin, kita bisa memainkan pilot jet, spuyer, atau setelan lain di bagian karburator. Tapi pada umumnya, setelan jarang dilakukan karena efek negatif dari knalpot custom tidak begitu siginifikan untuk mesin.
5. Perhatikan panjang ”leher angsa”. Ada hitungan khusus disesuaikan dengan spesifikasi mesin. Jika kepanjangan mesin jadi cepat panas. Kalau kependekan, tenaganya jadi berkurang.
Dengan perhitungan yang benar, knalpot custom biasanya mampu mendongkrak tenaga 1 PS, dan bisa didapat pada RPM lebih rendah. Artinya, akselerasi nambah, tanpa setel ulang karburator. Kalau disertai sedikit setelan, tenaga bisa naik dua kali lipat. Tapi jika ditambah porting cylinder head dan memainkan noken as, bakal lebih banyak tenaga yang menyembur.
Settingan suara dari semua knalpot yang dibuat tidak sampai memekakkan telinga alias lebih adem. Dengan mengganti knalpot custom, Indra mengklaim bahwa motor akan naik tenaganya hingga 1-2 PS. ”Knalpot mahal saja maksimal naik 0,8 dk. Kami bisa menaikkannya tanpa khawatir merusak motor,” ujarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s