TIPS MENATA RUMAH KECIL | MENATA RUANGAN UNTUK RUMAH KECIL

TIPS MENATA RUMAH KECIL | MENATA RUANGAN UNTUK RUMAH KECIL | Rumah merupakan tempat dimana kita menghilangkan penat dan capek sehabis beraktifitas diluar, berkumpul denga keluarga merupakan suatu aktiitas yang menyenangkan, rumah akan terasa nyaman dan enak untuk ditempati bila tertata dengan rapih, besar kecilnya rumah yang kita milki tidak menjadi tolak ukur sebuah kenyamanan, yang akan saya share adalah cara menata rumah kecil agar indah, rapih dan enak untuk ditempat, bila kita pintar-pintar menata dari mulai desain, penempatan barang, warna cat yang di pakai, akan jauh lebih menarik, selain itu karakter si penhuni juga amat berpengaruh terciptanya rumah kecil tapi nyaman.  Banyak kiat untuk membuat rumah mungil tetap menarik. Berikut ini 10 cara bisa Anda terapkan secara mudah: 

– Perbanyak tempat penyimpanan di area dapur. Karena meski ruangan mungil, tidak berarti peralatan memasak boleh berantakan. Keberadaan kabinet di bagian atas dan bawah berguna untuk menyimpan segala peralatan masak dan makan agar tidak berserakan.
– Di kamar anak, Anda bisa melapisi lemari pakaian anak dengan cermin. Selain memperluas tampilan visual di kamar, cermin bisa dioptimalkan untuk kegiatan berhias anak pada pagi hari sebelum memulai aktivitas.
– Di kamar tidur, pilih pola minimalis agar tidak menyesakkan ruang. Biarkan dinding polos tanpa dekorasi dan gunakan sprei berpola sederhana. Pilih lampu berbentuk simpel, namun tidak membosankan. Untuk kamar berplafon rendah, gunakan warna putih pada dinding dan plafonnya demi kesan lega pada ruangan.
– Untuk tangga, buatlah secara ringan dengan kesan melayang, jauhi kesan masif dan berat. Railing di sisi luar tangga sebaiknya ditiadakan, tetapi tempatkan di sisi dalam. Namun, bila rumah dihuni oleh anak kecil, beri perhatian ekstra pada keselamatannya.
– Sebagai alternatif penggunaan furnitur, kegiatan belajar dan membaca dapat dinikmati dengan konsep lesehan. Siapkan karpet atau tikar dilengkapi bantal-bantal empuk atau bean bag agar semakin nyaman.
– Pakailah furnitur built in untuk menyiasati ruang mungil. Desain lemari bisa menyerupai dinding, dirancang sederhana namun berhasil memberi efek perluasan ruang.
– Bagi rumah dengan keluarga kecil, keberadaan pantry sebagai pengganti dapur bisa diefektifkan dengan menambah meja makan. Dapur kecil bertambah fungsinya sebagai ruang makan.
– Di ruang tamu, pilihlah sofa yang tidak hanya dirancang sekedar tempat untuk duduk. Pilihlah model sofa multifungsi, misalnya dengan dilengkapi laci penyimpanan di bagian bawahnya.
– Jika belum bisa beralih dari jenis tirai konvensional, Anda bisa memilih warna tirai dan dinding senada demi menciptakan kesan ruang nan lapang. Sebagai pengganti tirai, Anda bisa memilih vertikal, horisontal atau roller blind.
– Pakailah pintu geser sebagai solusi menghemat ruang. Pintu geser bisa dilengkapi cermin yang sangat membantu menciptakan kesan lebih luas pada area sempit.
sumber: properti.kompas.com

Artikel Terkait

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s