CARA MEMBERSIHKAN AIR DI FILTER SOLAR, Membersihan Water Seperator pada Mobil Mesin Diesel

CARA MEMBERSIHKAN AIR DI FILTER SOLAR, Membersihan Water Seperator pada Mobil Mesin Diesel | Setiap mesin mempunyai karakter masing-masing, kelebihan serta kekurangan pada mesin merupakan suatu pilihan, yang kali ini akan saya share adalah mobil yang menggunakan mesin diesel,  jenis mesin ini menggunakan bahan bakar solar, mesin diesel generasi sekarang sangat canggih,  berbeda dengan generasi sebelumnya, hal ini karena berkaitan denga regulasi euro tentang kualitas hasil pembakaran pada mesin diesel. Yang menjadi kehati-hatian sekarang kualitas solar yang terdapat di tanah air, hasil survai dari beberapa ATPM yang menjual mesin mobil diesel di tanah air, ternyata kualitas solar di Indonesia pada umunya mempunyai kualitas yang kurang bagus.
Untuk menghindari masalah yang lebih rumit pada mesin diesel yang diakibatkan kualitas solar yang tidak merata di tanah air, perawatan secara berkala menjadi pilihan terbaik agar mesin tetap prima dan tidak rewel, yang harus mempunyai perhatian khusus adalah komponen separator (water separator), untuk memantau indikator separator bisa langsung dilihat pada panel instrumen, dibawah ini ada cara membersihkan water separator agar mesin diesel tetap prima:


Lepas filter
Untuk mesin diesel yang sudah menggunakan teknologi common rail, lepas dulu selang masuk dan keluar solar dan soket sensor sebelum melepas separtor air dari tempatnya.Ingat posisi selang! Bila perlu letakkan terpisah agar tidak tertukar saat memasang kembali karena bentuknya sama. Sumbatlah selang dengan kain agar solar tidak berceceran. Hal yang sama juga dilakukan pada lubang di filter. Sebelum filter diangkat, perhatikan pengikatnya, ada yang menggunakan klip (bisa langsung dicabut) atau mur (dilepas dengan kunci pas atau ring). 

Bersihkan

Cari tutup pembuangan air, yang biasanya terletak di bagian bawah. Untuk Toyota Innova, tutup berwarna kuning seperti penutup lubang bawah radiator untuk pembuangan. Buka dan keluarkan seluruh air dan solar yang ada di dalamnya sampai habis. Kalau Anda ingin tahu berapa banyak kadar air, tampung buangan tersebut, diamkan dan lihat komposisi airnya.

Pasang kembali

Diawali dengan memasukkan ke tempat semula sesuai posisi awal, dan pastikan bagian-bagian terpasang dengan benar. Kemudian, pasang selang masuk dan keluar, lalu kencangkan pengikatnya. Setelah itu, baru pasang soket.Untuk diesel modern, sebelum mesin dinyalakan, diamkan dahulu beberapa saat di posisi ACC agar filter kembali terisi. Untuk model lama, harus dipompa terlebih dahulu
Artikel Terkait

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s