TIPS MENGGUNAKAN KAMERA PONSEL, Menghasilkan Karya Fotografi Dengan Kamera Ponsel

TIPS MENGGUNAKAN KAMERA PONSEL, Menghasilkan Karya Fotografi Dengan Kamera Ponsel | Kamera merupakan sudah menjadi fitur utama yang terdapat pada ponsel, dari mulai hanya berkualitas VGA samapai mega pikel, fitur kamera yang terdapat di ponsel memang tidak secanggih dan sekomplit yang terdapat pada kamera digital, untuk itu perlu tips atau cara agar hasil foto yang dihasilkan lewat kamera ponsel mempunyai kualitas yang lumayan bagus, kebutuhan mengabadikan moment memang sudah menjadi semacam kebutuhan terlebih bagi orang-orang yang suka sekali share fotonya di media jejaring sosial, teknologi kamera pada ponsel terus berevolusi seperti yang terdapat pada nokia pure view  namun sayang harganya lumayan mahal, nah di bawah ini ada tips cara mengoptimalkan kamera ponsel agar mampu menyamai karya fotografi yang berkualitas: 

1. Mengatur jarak ideal dengan objek
Kamera ponsel kebanyakan tidak dibekali lensa zoom maksimal. Jadi pastikan Anda dekat dengan obyek yang akan dibidik.
Format pengambilan foto close up membuat hasil foto terlihat jauh lebih detail. Tapi tetap jaga jarak dengan obyek. Mode pengambilan gambar makro tidak selalu bisa dijumpai di ponsel. Pengambilan gambar yang terlalu dekat bisa membuat gambar menjadi kabur.
2. Sensitif pada pengaturan cahaya
Potret gambar dengan cahaya cukup, kecuali ponsel kamera Anda memiliki flash yang terintegrasi. Saat memotret di bawah terik sinar matahari, obyek jangan membelakangi datangnya cahaya.
Namun hal ini bisa dilanggar ketika Anda ingin bereksperimen membuat foto siluet. Karena cahaya salah satu faktor penting untuk menghasilkan karya pemotretan optimal.
3. Perhatikan background
Jangan sampai latar belakang mengganggu obyek. Tempatkan obyek berlatar belakang tidak terlalu sibuk. Jangan sampai pohon yang ada di belakang obyek misalnya seolah-olah tumbuh dari kepala si obyek.
4. Mencoba berbagai angle
Jika kapasitas memori mencukupi, jangan takut bereksperimen. Cobalah mengambil foto dengan angle (sudut pandang)yang berbeda-beda. Foto Anda dijamin akan terlihat tidak monoton dan lebih kreatif.
5. Pilih resolusi tinggi
Perbedaan kualitas foto antara resolusi tinggi dan rendah tidak akan terlihat di layar ponsel. Makin tinggi resolusi yang Anda pakai, makin baik gambar yang dihasilkan. Perbedaan ini akan terlihat saat foto hasil jepretan dari ponsel dipindah ke layar komputer/ laptop.
6. Pastikan kebersihan lensa
Ponsel kamera umumnya tidak dibekali penutup lensa. Pastikan untuk membersihkan lensa Anda sebelum mengambil foto.
7. Perhatikan pengunaan memori
Upayakan dan periksa kembali telefon genggam apakah memori yang tersedia cukup untuk mengabadikan objek, dengan memastikan selalu ada kapasitas memori yang cukup untuk mengambil foto. Hal ini bisa diatasi dengan membiasakan memindahkan foto Anda ke memori komputer atau external hardisk.
8. Konsentrasi dan keseimbangan
Upayakan kondisi dan posisi tubuh dan tangan Anda jangan sampai bergoyang saat tombolshutter ditekan. Ini untuk menjaga agar foto tidak kabur (blur) dan kelihatan tidak fokus.
9. Kenali fitur pemotretan di ponsel Anda
Ponsel berkamera untuk tipe-tipe tertentu seperti: mid-end dan high-end umumnya dibekali dengan fitur yang cukup lengkap. Di sana bisa ditemukan pengaturan brightnessexposure,white balance, dan fitur-fitur lain.
Sesekali sempatkanlah mengeksplorasi fitur apa saja yang ada di ponsel. Dengan mengenal perangkat yang Anda gunakan, Anda bisa menggunakannya dengan optimal
10. Minimalkan penggunaan digital zoom
Upayakan posisi dan jarak objek untuk pemotretan sudah pada posisi optimum dengan sinar yang cukup ke obyek dengan cara menggeser posisi Anda, bukan dengan digital zoom.Penggunaan digital zoom bisa membuat kualitas gambar berkurang.
11. Sesuaikan ukuran dengan resolusi terpakai
Hasil pemotretan ponsel bisa dicetak dengan kualitas maksimal, jika disesuaikan antara ukuran cetakan dengan resolusi gambar yang digunakan. Hal ini harus sesuai kapasitas dan kemampuan kamera.
12. Perbaiki dengan software olah digital
Jika Anda masih kurang puas dengan hasil fotonya, sah-sah saja jika Anda ingin memperbaiki intensitas cahaya, warna, dan komposisi yang mungkin tidak terjangkau oleh kamera ponsel Anda dengan menggunakan software olahdigital seperti Photoshop dsb.
Mudahan tips diatas bisa bermanfaat.

Artikel Terkait


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s