CARA MENGHEMAT SERTA MEMPERPANJANG UMUR BATERAI LAPTOP


CARA MENGHEMAT SERTA MEMPERPANJANG UMUR BATERAI LAPTOP | Baterai merupakan power suplai yang terdapat pada banyak perangkat elektronik yang bersifat mobile, seperti ponsel, kamera, laptop dan banyak lainnya, penggunaan baterai tidak sesuai dengan aturan akan memperpendek umur baterai serta cepat menguras daya yang tersimpan, yang akan saya share kali ini yaitu cara menghemat serta memperpanjang baterai pada laptop, mengingat harga baterai laptop yang lumayan mahal terlebih yang telah menggunakan 6 cell untuk merk tertentu biasanya harus indent alias menunggu beberapa hari, minggu, mungkin juga bulan, di bawah ini ada beberapa tips yang layak di coba agar baterai pada laptop awet dan tahan lama
1. Matikan WiFi dan Bluetooth jika Anda tidak membutuhkannya. Selain lebih aman, baterai juga dapat bertahan lebih lama jika kedua fitur wireless ini dimatikan.
2. Turunkan tingkat kecerahan (brightness) layar. Layar LCD merupakan bagian yang mengonsumsi daya baterai paling banyak. Turunkan tingkat kecerahan layar hingga satu atau dua tingkat di atas setting minimal. Hal tersebut dapat memberikan keseimbangan yang tepat antara brightness dan power saving. Jika terasa kurang terang, pindahlah ke lokasi yang memiliki pencahayaan lebih baik.

3. Jika laptop Anda memiliki 
keyboard backlit, matikan cahayanya karena cahaya tersebut juga menyedot daya baterai.

4. Matikan aplikasi yang tidak anda gunakan. Setiap aplikasi yang sedang berjalan membutuhkan sedikit kinerja processor dan hard disk.
5. Jika laptop Anda memiliki “power saving mode”, gunakanlah.

6. Atur layar laptop Anda dengan fitur 
“sleep mode” jika tidak digunakan dalam beberapa menit. Anda dapat mengatur layar untuk mematikan jika tidak digunakan dalam waktu dua atau tiga menit.

7. Minimalisir penggunaan port USB atau DVD drive.
8. Kuraslah baterai laptop Anda paling tidak satu bulan sekali. Menguras baterai ini dalam artian gunakan baterai hingga menggunakan daya cadangan laptop. Dengan kata lain laptop benar-benar tidak bisa dihidupkan lagi dengan tenaga baterai. Langkah selanjutnya Adalah anda cukup mengisi kembali (charge) baterai laptop Anda hingga penuh.
9. Cabut baterai dari laptop gunakan power suplai langsung pada listrik bila anda menggunakan laptop cukup lama bila sedang dirumah, hal ini agar tidak cepat merusak kemampuan baterai. karena disaat baterai terpasang dalam penggunaan waktu yang lama sedangkan kabel power suplai terus menacap pada konektor listrik hal ini akan merusak cell pada baterai, bila hal ini sering terjadi umur baterai tidak akan panjang alisa cepat mengalami drop. 
Mudahan tips sederhana diatas bisa bermanfaat

Artikel Terkait

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s