TIPS MERAWAT BAN MOBIL, Cara Merawat ban Mobil Agar Awet dan Tahan lama

TIPS MERAWAT BAN MOBIL, Cara Merawat Ban Mobil Agar Awet dan Tahan Lama | Si Bulat hitam ini merupakan hal penting buat  mobil untuk bisa mengaspal di jalanan, selain membuat performa mobil tampak lebih ciamik ban jua mempunyai fungsi keamanan, bahkan kondisi ban untuk sebuah mobil sangat penting, dengan kondisi ban yang masih prima mobil bisa berakselaesi dengan baik, melahap tikungan dengan aman, selain itu juga ban sebagai penyangga beban, kontrol, meredam guncangan serta banyak lagi fungsinya. 
Agar tetap dalam kondisi prima, ban juga memerlukan perawatan dari mulai tekanan angin yang pas, serta melakukan penyemiran agar ban tidak cepat retak-retak, jika ban dibiarkan apa adaya yang pastinya akan mengalami kerusakan atau keausan lebih cepat 

Berikut tips jitu merawat ban dari Toyota Astra Motor (TAM):

Pertama, periksa tekanan angin (sedikitnya satu kali sebulan). Lakukanlah apabila ban terlihat kempes atau tekanan ban berlebih, terutama bila akan bepergian jauh. Sesuaikan tekanan ban dengan buku pedoman pemilik kendaraan.

Kedua, periksa kedalaman alur ban. Caranya melalui petunjuk keausan ban yaitu rusuk melintang pada dasar alur telapak, tinggi umumnya 1,6 mm, ditandai dengan simbol segitiga atau tulisan TWI (Tread Wear Indicator) pada dinding samping bagian atas. Segera ganti ban jika indikator TWI sudah terlihat.

Ketigabalancing dan spooring. Vibrasi atau gangguan pada kendaraan dapat disebabkan karena ketidakseimbangan. Penyelarasan ban bertujuan agar tidak terjadi getaran pada kendaraan.

Keempat, lakukan rotasi berkala (setelah pemakaian 10 ribu km). Hal ini agar ban memiliki umur pemakaian yang sama dan mencegah keausan tidak merata.

Kelima, periksa kondisi tutup pentil. Lihatlah apakah pentil sudah tertutup atau belum. Tutup pentil berfungsi mencegah keluarnya udara dan menjaga tekanan angin tetap stabil.

Keenam, periksa kondisi pelek. Pastikan pelek tidak rusak (retak, berubah bentuk atau berkarat). Kerusakan pada pelek dapat menyebabkan ban menjadi rusak. Gunakan cairan pelumas untuk memudahkan pemasangan ban ke pelek.

Ketujuh, perhatikan beban muatan kendaraan. Ban lebih cepat aus bila mengangkut beban lebih dari yang disarankan.

Terakhir, berhati-hatilah dalam memilih jalan.

Bagian telapak ban dilapisi kawat baja agar tetap kuat dan tahan terhadap tusukan. Bagian samping ban tidak dilapisi kawat baja, karena dapat membuat ban menjadi kaku dan keras. 

Untuk diketahui, permukaan jalan yang kasar lebih mudah mengikis telapak ban. Selain itu, saat melewati jalan berlubang, gunakanlah bagian telapak ban dan usahakan untuk tidak membelok (menghindar) tiba-tiba agar ban terhindar dari benturan samping.

Contoh kerusakan ban yang sering terjadi:

1Shock CBU (Casing Break Up). Ban terbentur dengan keras, karena jalan yang rusak atau pengemudi yang kasar dapat membuat terputusnya benang-benang pada sisi samping ban. Kerusakan ditandai dengan dinding ban menggelembung.

2. Kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan dalam pemasangan dan pelepasan ban dari pelek. Pemasangan dan pelapisan ban dapat menyebabkan kawat beadpatah bila kondisi tekanan angin berlebih.

3. Kerusakan yang disebabkan terpotong pada dinding samping. Ban sobek dapat disebabkan oleh benda tajam atau benda keras.

4. Kerusakan yang disebabkan kurangnya tekanan angin ban. Dinding menjadi terkikis akibat tekanan angin ban tidak sesuai dengan beban yang dimuat. 




Artikel terkait
Kelebihan serta kekurangan mobil bermesin diesel dan bensin
Kelebihan serta kekurangan mbil bertransmisi manual dan otomatis
Teknologi ban pintar mobil
Daftar harga mobil Toyota baru dan bekas 2012
Lima konsep untuk mobil pada tahun depan
Desain mobil beroda 6 terinspirais oleh kupu-kupu malam
Tips yang benar cara membersihkan kaca film mobil
Tips aman dan cepat saat ganti ban mobil
Melihat kondisi kesehatan radiator mobil dari warna airnya

2 thoughts on “TIPS MERAWAT BAN MOBIL, Cara Merawat ban Mobil Agar Awet dan Tahan lama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s