KELEBIHAN SERTA KEKURANGAN MOBIL GIGI OTOMATIS DAN MANUAL

KELEBIHAN SERTA KEKURANGAN MOBIL TRANSMISI OTOMATIS DAN MANUAL | Produsen mobil sekarang-sekarang ini selalu memberikan varian alternatif untuk di pakai oleh konsumen selain seri untuk membedakan fitur-fitur yang dimiliki mobil,  kapasitas mesin, juga transmisi yang dipakai. kali ini saya akan share di sektor transmisi pada mobil. Mobil sekarang memiliki 2 varian transmisi manual dan otomatis, lalu mana yang terbaik ? mungkin pertanyaan itu ada dalam benak kita saat melihat mobil dengan merk sama tapi berbeda transmisi, dari kedua transmisi tersebut memiliki kelebihan serta kekurangan


1. Keunggulan utama dari mobil bertransmisi otomatis tentunya lebih praktis untuk dikendarai karena tidak perlu repot. Namun, pemilik mobil matik harus lebih rajin melakukan perawatan dibanding yang manual agar mesin tetap awet. Karena jika rusak biaya perbaikannya akan lebih mahal ketimbang mobil matik.Sedangkan kekurangan mobil bertransmisi otomatis adalah pergantian oli harus lebih banyak ketimbang mobil manual “Biasanya untuk pergantian oli lebih banyak konsumsinya, karena tidak cuma diganti saja, namun juga dikuras. Otomatis konsumsinya lebih banyak,” kata Kepala Bengkel Plaza Toyota, Parman Suanda, Adapun dari segi bahan bakar hanya berbeda sedikit dengan manual. “Matik itu kan sudah diatur secara otomatis, jika manual mungkin bisa diatasi agar lebih irit dengan memainkan kopling untuk pindah gigi bisa diatur di rpm rendah,” katanya. Tapi semua tergantung dari kondisi jalan dan cara berkendara.

2. Keunggulan mobil bertransmisi manual adalah akselerasi mobil bertransmisi manual cenderung lebih responsif. Sedangkan kelemahan mobil bertransmisi manual adalah saat mengendarai dalam kondisi jalanan yang macet. Tentunya pengemudi akan terasa lebih melelahkan. 


Bagaimana dengan harga jualnya? untuk perbandingan harga, pada umumnya harga mobil matik dibanderol lebih tinggi daripada harga mobil bertransmisi manual. 

Sementara untuk mobil bekas pakai, perbedaan harga jual antara mobil matik dengan manual tidaklah begitu mencolok, biasanya hanya terpaut sekitar dua sampai tiga jutaan. 

Lantas bagaimana cara membuat pilihan yang tepat? Mengingat masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan, sebaiknya pilih mobil sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki.
sumber:vivanews

Artikel Terkait

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s