HARGA DAN SPESIFIKASI KAMERA NOKIA 808 PURE VIEW, Kamera 41 Mega Pixel Dari Nokia 808

HARGA DAN SPESIFIKASI KAMERA  NOKIA 808 PURE VIEW, Kamera 41 Mega Pixel Dari Nokia 808 |  Untuk mengukuhkan lagi namanya di pasar ponsel nokia membuat suatu terobosan yang menakjubkan, dengan menghadirkan Nokia seri 808, keistimewaan seri 808 dari nokia ini yaitu membenamkan kamera digital sebesar 41 Megapixel wow… fantastis. Nokia 808 PureView memecahkan rekor ponsel berkamera dengan pixel terbesar di kelasnya. Kamera ponsel ini memiliki teknologi oversampling yang ditujukan untuk menghasilkan kualitas gambar yang diharapkan sempurna. Dari 7 piksel yang ditangkap, hasilnya ke memori akan berupa piksel tunggal. Ponsel ini memiliki kekuatan pada kualitas gambar terbaik, zoom lossless, dan performa superior pada pencahayaan rendah. Kamera yang diklaim memiliki 41 MP hanya sanggup memotret hingga 38 MP. Apa makna di balik klaim 41 MP? di Indonenesia harga nokia 808 pure view ini di jual Rp 6.5 juta

Resolusi Maksimum
Nokia 808 bisa memotret dengan perbandingan gambar 4:3 hingga 38 MP. Dengan perbandingan ukuran piksel 16:9, Nokia 808 bisa mencapai hingga 34 MP.
Ini menjadi jasa sensor multiaspek. Perbedaan aspek memberikan nilai berbeda pada sudut pandang yang efektif dalam penglihatan. Dengan 35 mm, hasilnya sama dengan sekitar 28 mm dengan aspek perbandingan piksel foto 4:3. Dengan 26 mm, kamera ini menghasilkan aspek pemotretan dengan ukuran file foto 16:9.
Ukuran sensor 1/1.2 inci lebih mengesankan dari kamera digital saku. Ini lebih dari dua kali lipat sensor kamera ponsel Nokia N8. Kemampuan ini berarti diperkirakan ada ukuran piksel 1,4 mikron dalam setiap satu piksel. Simpelnya, ukuran tiap piksel ini hampir sama dengan ponsel kamera 8 MP yang banyak beredar. Bedanya, ada 5 kali lebih banyak piksel di dalamnya.

Bukan Foto 41MP
Sensor 41 MP kamera ponsel Nokia 808 tidak berarti Anda bisa mengambil foto sepenuhnya menggunakan 41 MP. Ada perbedaan aspek imaji dan resolusi. Sensor ini memiliki total permukaan aktif 7728 x 5368 piksel yang tidak mengandung 41 MP.
Semua ini tergantung rasio aspek yang Anda pilih. Anda bisa pilih 7728 x 4354 piksel untuk ukuran foto 16:9 atau 7152 x 5368 piksel untuk foto dan video ukuran 4:3. Bagian pinggir tidak bisa digunakan karena tidak akan terlihat pada area format tampilan.
Ukuran pemotretan sesungguhnya dalam penggunaan mode PureView ini yakni 5 MP dengan rasio aspek 16:9. Anda juga bisa memilih 2 MP dan 8 MP. Anda bisa memotret dengan resolusi maksimum apabila menonaktifkan mode PureView.

Zoom Terus
Nokia 808 menangkap begitu banyak piksel. Tapi, tetap bisa menghasilkan foto resolusi rendah untuk memudahkan berbagi foto via jejaring sosial.
Keunggulan kamera ini pada teknologi zoom lossless. Metode ini berbeda dengan pembesaran gambar tradisional dengan interpolasi pembesaran digital dan pembesaran optikal. Nokia telah membuat sensor dengan resolusi terbesar dalam sejarah kamera ponsel.
Kedua metode zoom lawas itu memiliki kekurangan. Pembesaran digital mengurangi detail pada foto sehingga kualitas turun. Zoom optikal terlalu lamban merespon dan memiliki distorsi geometris.
Untuk memenuhi kebutuhan proses pemotretan lebih dari 1 juta piksel setiap detik dan 16x oversampling, tim Nokia mengembangkan prosesor khusus.

Zoom lossless menghasilkan sudut pandang efektif yang sama. Anda bisa mendapat berbagai variasi tingkatan zoom tergantung resolusi yang ingin dicapai. Misalnya, untuk 5MP (3072 x 1728), Anda bisa mendapat batasan 3x zoom.
“Ini berarti zoom selalu sesuai dengan gambar yang Anda ingin hasilkan,” tulis tim Nokia dalam penjelasan yang dilansir dari GSMarena.
“Anda bisa mencapai tingkatan tertinggi oversampling piksel ketika tidak menggunakan zoom. Tingkatan ini secara berangsur menurun hingga Anda mencapai tingkatan maksimum pembesaran. Inilah batas tidak adanya oversampling,” imbuhnya.
Ketika Anda menggunakan zoom pada Nokia 808 PureView, artinya Anda hanya memilih area sensor yang relevan. Tanpa zoom, area sensor sepenuhnya berkorelasi dengan rasio aspek yang digunakan.
Pada video, resolusi FullHD 1080p akan mendapat batas maksimum 4x zoom lossless. Pada ukuran yang lebih kecil, video HD 720p bisa diganjar 6x zoom lossless. Ukuran kecil nHD (640×360) memiliki tingkat pembesaran yang menakjubkan hingga 12x zoom. Hasil video tentu saja berkualitas tinggi karena Nokia 808 bisa menangkap video hingga 25Mbps.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s