MENGENAL FUNGSI DAN JENIS PROSESOR SMARTPHONE, Mengenal Fungsi Prosesor Smartphone

MENGENAL FUNGSI DAN JENIS PROSESOR SMARTPHONE, Mengenal Fungsi Prosesor Smartphone | Saat kita membeli smartphone selain desain dan fitur, performa juga menjadi pilihan. untuk sekarang smartphone memiliki prosesor dengan kecepatan beraneka ragam, bahkan yang dikelas haigh end telah banyak memakai procesor dual core. Spesifikasi yang dipakai smartphone ada yang secara langsung berpengaruh pada performa ponsel dan processor itu sendiri.
Apakah sebenarnya fungsi processor?
Processor sering diibaratkan sebagai otak dari handphone. Fungsinya adalah untuk menerima perintah (data/input), memprosesnya dan menghasilkan keluaran (menjalankan aplikasi/output) dari perintah tersebut tadi. Kinerja ponsel memang tidak ditentukan hanya dari processor sendiri karena processor juga terintegrasi dengan RAM,GPU dan komponen lainnya, namun semakin cepat processor yang digunakan pastinya akan menghasilkan performa yang semakin cepat dan responsif dalam menjalankan aplikasi.
Handphone Android memiliki kecepatan processor yang beragam. Untuk ponsel low end umumnya berkecepatan 600 Mhz, middle end berkecepatan 800 Mhz – 1 Ghz dan high end menggunakan yang berkecepatan di atas 1 Ghz dengan jenis single atau multi core(inti).
Pertanyaannya sekarang, apakah bedanya single atau multi core processor? Logika sederhananya adalah seperti ini, apabila anda memiliki 100 pekerjaan dan membaginya dengan dua atau empat orang lalu mengerjakannya bersama-sama, tentu hasilnya akan lebih cepat dibandingkan apabila mengerjakannya sendiri.

sumber:belajardroid

Artikel Terkait

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s