BUAH YANG HARUS DIHINDARI SAAT SAKIT, Jenis Buah-Buahan yang tidak Boleh di Makan Saat Sakit


BUAH  YANG HARUS DIHINDARI SAAT SAKIT, Jenis Buah-Buahan yang tidak Boleh di Makan Saat Sakit | Buah biasanya diberikan sebagai buah tangan saat kita menengok orang yang sedang sakit, karena biasanya pun orang yang sedang sakit  sangat menyukai makanan yang berasa menyegarkan, akan tetapi tidak semua buah-buahan bisa dikonsumsi oleh orang yang sedang sakit. Bisa-bisa saat mengkonsumsi buah tersebut malah akan menambah sakit bukannya sembuh.
Agar kondisi sakit yang dialami tidak semakin memburuk, sebaiknya ketahui buah apa saja yang patut dihindari. Berikut ini adalah buah-buahan yang sebaiknya dihindari saat sedang sakit: 


1.   Apel dihindari pasien ambeien

Jika memiliki ambeien pasien disarankan menghindari buah apel terutama yang berwarna hijau, lalu diminta untuk mengonsumsi banyak air putih agar feses yang dihasilkan cenderung lunak.
Ambeien atau wasir kadang tidak hanya sekedar varises pada daerah anus tapi juga menyebabkan penurunan bantalan anus (anal cushion) yang bisa diakibatkan oleh berbagai macam sebab.


2. Jeruk dihindari pasien ambeien

Selain apel yang berwarna hijau, orang dengan ambeien juga disarankan menghindari buah yang asam seperti jeruk. Selain itu hindari pula makanan yang bisa membuat feses keras seperti keju, serta makanan yang memicu rasa panas seperti cabai atau merica.





3. Durian dihindari pasien jantung

Durian banyak dibilang sebagai buah yang sangat nikmat, tapi orang yang memiliki kelebihan berat badan (obesitas), tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes harus berhati-hati dan terbatas dalam mengonsumsi durian. Hal ini karena durian diketahui memiliki jumlah kalori yang besar sehingga memicu ledakan energi.




4. Wortel dihindari pasien sakit kepala
“Orang yang sakit kepala sebaiknya menghindari wortel, hal ini karena senyawa karotenoid yang terdapat dalam wortel akan menempel di sel lemak otak yang bisa memicu sakit kepala. Kondisi ini juga sering ditemui pada orang yang hanya mengonsumsi atau minum jus wortel terus menerus selama sebulan,” ujar dr Hardhi Pranata, SpS selaku Ketua Umum Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia (PDHMI), saat dihubungi detikHealth.
5. Mangga muda dihindari pasien maag
Bagi orang yang memiliki penyakit maag lebih baik menghindari buah yang terasa asam atau kecut misalnya dari mangga muda. Serta untuk pagi hari sebaiknya dipilih buah yang netral sehingga tidak memicu sakit perut.




6. Pisang dihindari pasien migraine

Salah satu komposisi dominan dalam buah pisang adalah tiramin. Oleh karena itu pisang dianggap sebagai pemicu kuat untuk sakit kepala dan juga migrain. Hal ini karena saat migrain, kadar tiramin yang tinggi dalam darah bisa menyebabkan vasokonstriksi (penyempitan pembuluh darah) di otak. Selain itu, orang dengan migrain juga kekurangan enzim yang dibutuhkan untuk memecah tiramin.
7. Pepaya muda dan nanas dihindari ibu hamil

Pepaya muda yang masih mentah atau setengah matang kaya akan lateks yang diketahui dapat memicu kontraksi rahim, sehingga sebaiknya dihindari pada trimester akhir kehamilan.

Nanas juga dianggap tidak baik untuk ibu hamil karena banyak mengandung bromelain yang bisa menyebabkan pelunakan leher rahim sehingga mengarah ke persalinan dini, terutama pada trimester awal.
sumber:detik.com

Artikel Terkait




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s