MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT MENSTRUASI, Makanan Yang Menyebabkan Rasa Sakit Saat Datang Bulan

MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI SAAT MENSTRUASI, Makanan Yang Menyebabkan Rasa Sakit Saat Datang Bulan | Ada beberapa pembeda jenis kelamin wanita dan laki-laki, diantaranya wanita mengalami proses datang bulan, hal ini terjadi karena proses sel telur yang berada di dinding rahim perempuan mengalami siklus regenerasi, karena tidak terjadinya pembuahan, Ketika wanita sedang mengalami datang bulan membawa karakter masing-masing diantaranya ada yang gampang tersinggung, selain itu juga ada yang mengalami rasa nyeri di sekitar perut saat terjadinya proses pengguguran sel telur pada rahim, rasa nyeri dan keram biasanya itu yang sering dirasakan.
Proses rasa nyeri atau keram akan semakin parah bila ketika  menstruasi salah memakan makanan. membatasi makanan tinggi gula dan garam bisa mambantu suasana hati  dan rasa kembung. Proses keram diakibatkan sejenis bahan kimia alami dalam tubuh yang berfungsi mangatur ketegangan otot. Baca juga: penyebab menstruasi tidak teratur


Berikut beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat sedang menstruasi:


1. Cokelat

Hindari kafein dalam makanan seperti coklat, teh, soda dan kopi selama siklus menstruasi. Kafein menyempitkan pembuluh darah dan membuat dehidrasi tubuh, yang dapat menyebabkan sakit kepala dan dapat meningkatkan kegelisahan selama periode haid sehingga menyebabkan ketidaknyamanan menstruasi.


2. Produk susu

Susu mengandung asam arachadonic, yang dapat meningkatkan produksi prostaglandin. Karena prostaglandin dilepaskan ke dalam tubuh, rahim merespons dengan menyebabkan kram atau kejang.


Makanan tinggi asam lemak omega-3 dapat menghambat pelepasan prostaglandin. Dengan demikian, makan salmon, biji rami dan kenari sebenarnya dapat membantu meringankan kram menstruasi.


3. Makanan olahan

Mengurangi asupan natrium atau garam akan mengurangi retensi air dan kembung. Hindari makanan kaleng, makanan olahan seperti daging kaleng dan produk keju, saus dan MSG, serta setiap makanan kemasan yang mengandung natrium 200mg atau lebih per porsi.


4. Gorengan

Makanan tinggi lemak seperti daging, susu penuh lemak, gorengan dan minyak meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. Perubahan estrogen dapat menyebabkan perubahan rahim yang dramatis dan menimbulkan kram dan rasa sakit.

sumber:tabloidnova

Artikel Terkait

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s