JEJARING SOSIAL SOCL BUATAN MICROSOFT, Fitur Jejaring Sosial Milik Microsoft

JEJARING SOSIAL SOCL BUATAN MICROSOFT, Fitur Jejaring Sosial Milik Microsoft | Trend jejaring social terus berkembang sebagai raksasa dan pemimpin jejaring social facebook banyak menginspirasi para jago-jago programer membuat jejaring serupa seperti facebook, dari mulai raksasa google dan microsoft ikut meramaikan  persaingan tersebut, bahkan Indonesia sendiri mempunyai jejaring social
hasil karya  anak bangsa walaupun kepopulerannya  jauh di bawah facebook, kalau dihitung-hitung mungkin jejaring serupa yang ada didunia jumlahnya mencapai ratusan, contohnya Weibo  buatan China, jejaring sosial ini berjaya di negerinya sendiri karena facebook yang konon katanya dilarang masuk ke negeri tirai Bambu ini, tapi penjelasan sebenarnya bukan itu , tapi pemerintah China lebih mendukung hasil karya anak bangsanya, sehingga jejaring sosial seperti FB,twitter dan lain-lainya terkena sensor pemerinta China.



Mungkin karena prospek jejaring sosial masih sangat menjanjikan, sesuai dengan karakteristik manusia modern sekarang ini yang lebih suka melakukan aktivitas sosialnya di dunia maya, maka Microsoft pun secara diam-diam meluncurkan situs jejaring sosial sendiri, “Socl”, pada Minggu (20/5/2012). Penyebutan nama Socl adalah “Social,” dan beralamat di So.cl.
Proyek jejaring sosial Microsoft sebenarnya sudah bocor sejak akhir 2011 lalu, bahkan sudah diketahui secara pasti bahwa akan diberi nama Socl.




Pada halaman “About” Socl, diterangkan bahwa jejaring sosial ini merupakan sebuah proyek penelitian eksperimental untuk tujuan pembelajaran yang dikembangkan oleh FUSE Labs dari Microsoft. 

Socl menggabungkan jejaring sosial dan pencarian guna membantu masyarakat umum, terutama pelajar dan mahasiswa, untuk menemukan dan berbagi halaman web yang menarik.
Data hasil pencarian di Socl didukung oleh mesin pencari Bing.




Di Socl, Pengguna dapat melakukan login menggunakan akun Facebook atau Windows Live. Begitu masuk ke Socl, pengguna akan dihadapkan pada berbagai topik dan usulan untuk mengundang teman ke Socl.

Terdapat rentetan menu di sebelah kiri layar, mulai dari Post, Profile, Video Parties hingga Following dan Followers.

 Fitur yang cukup menarik adalah Video Parties, yang memungkinkan pengguna mencari, menonton dan mengumpulkan video dengan pengguna lainnya.


Tombol ikon “Home” berada di kiri atas layar, diapit oleh logo Socl dan kotak mesin pencari. Seperti halnya Facebook, menu Home akan menampilkan Feed atau kabar terkini dari para pengguna Socl.
Pengguna dapat melakukan posting dan membagi situs web atau konten menarik lainnya. Setiapposting yang muncul di Feed bisa dikomentari (Comment), dibagi (Share) dan ditandai (Tag). 




Ada cara yang cukup berbeda untuk menanggapi setiap posting di Socl, yakni Riff. Microsoft menjelaskan, Riff merupakan cara baru untuk berinteraksi dan mengimprovisasi konten.Notifikasi aktivitas di Socl bisa dilihat dengan meng-klik kotak di sebelah nama dan foto pengguna yang terletak di kanan atas layar. Jika ada notifikasi, maka kotak tersebut akan berwarna oranye.

sumber:kompas.com

Artikel Terkait


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s