SEJARAH OS ANDROID, Kelebihan OS android dengan OS Lainnya

SEJARAH OS ANDROID, Kelebihan OS android dengan OS Lainnya | OS android saat ini merupakan OS yang paling digemari dan banyak pemakainya, berbagai aplikasi dan games menyertai kesuksesan android, dari pertama android dilahirkan sudah banyak orang mempertanyakan apa itu android? tidak lama dari kelahirannya android langsung booming dan langsung menguasai pangsa pasar OS, banyak ponsel, yang semula menggunakan OS window dan symbian beralih mengggunakan OS besutan android, ditambah kelahiran tablet PC yang hampir vendor yang mengeluarkannya menggunakan OS android, maka tidak disangsikan lagi android langsung menjadi jawara, yang mampu menyaingi OS seniornya diantaranya iOS keluaran apple dan Windows keluaran microsoft. 


Jadi apa itu Android?
Android adalah sebuah sistem operasi (OS) yang banyak digunakan di smartphone maupun tablet. Fungsinya hampir sama seperti sistem operasi Symbian di Nokia, iOS di Apple dan BlackBerry OS di BlackBerry.
Awalnya Android dimiliki oleh Android Inc. yang ingin mewujudkan perangkat mobile yang mengerti penggunanya. Konsep inilah yang membuat Google tertarik dan membeli seluruh saham Android Inc. pada bulan Oktober 2005. Sejak saat itulah OS Android resmi milik Google. Setelah itu Android pun berkembang dan hingga saat ini menjadi OS nomor 1 di dunia.
Adapun OS Android memiliki beberapa versi sejak awal penggunaannya pada 9 Maret 2009. Dibawah ini saya tuliskan  versi-versi Android dari awal muncul hingga saat ini:
Android versi 1.1 – Maret 2009
Android versi 1.5 (Android Cupcake) – Mei 2009
Android versi 1.6 (Android Donut) – September 2009
Android versi 2.0/2.1 (Android Eclair) – Desember 2009
Android versi 2.2 (Android Froyo: Frozen Yoghurt) – Mei 2010
Android versi 2.3 (Android Gingerbread) – Desember 2010
Android versi 3.0 (Android Honeycomb) – Februari 2011
Android versi 4.0 (Android Ice Cream Sandwich) – Oktober 2011

Adapun produk (Ponsel/Tablet) yang berbasis Android memiliki keunggulan tersendiri bagi penggunanya antara lain :

Multitasking
Dengan adanya fitur multitasking ini, kita dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus seperti di komputer.

Open Source
Android bersifat Open Source yang berarti  aplikasi android bisa dibuat oleh siapapun yang mengerti dengan kode-kode sumber sehingga bisa membuat sebuah aplikasi versi pengembang aplikasi tersebut.

Fitur Widget
Android memanjakan penggunanya dengan kebebasan membuat widget di homescreen untuk penggunanya. Sehingga bisa dengan mudah mengakses berbagai folder dan aplikasi dengan cepat dan mudah.

– Integrasi mudah dan cepat ke produk-produk Google
Karena Android adalah milik Mbah Google otomatis akses ke berbagai produk Google lainnya seperti Google Docs, Gmail, Google Reader, Blogger, dan banyak lainnya. akan lebih mudah dan cepat pastinya.

– Harga lebih variatif
Terakhir yang membuat Android unggul dan menjadi nomor 1 di dunia saat ini yaitu Android bisa dibeli mulai dari harga murah sampai yang mahal. Tidak seperti Apple dan Blackberry yang menjual produknya dengan harga mahal, Android bisa saya katakan lebih merakyat.
Mungkin dari kelebihan-kelebihan diatas yang sudah saya sebutkan masih ada lagi kelebihan lainnya. Apalagi sejak diumumkannya Android terbaru, yaitu Android 4.0 (Android Ice Cream Sandwich) banyak fitur baru yang ditawarkan, salah satunya Face Unlock.

sumber:inaandroid

Artikel Terkait

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s