PENYEBAB TIDUR MENDENGKUR, Akibat Bila Tidur Sering Ngorok Pada Kesehatan

PENYEBAB TIDUR MENDENGKUR, Akibat Bila Tidur Sering Ngorok Pada Kesehatan | Tidur adalah kebutuhan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan stamina, fungsi tidur ialah untuk mengistirahatkan anggota tubuh yang seharian bekerja mendukung aktifitas kita, disaat tidur regenerasi sel-sel yang rusak akan digantikan atau diperbaiki, agar esok hari badan kita terasa sehat kembali. tidur juga bisa mengindentifaksikan kalau seseorang terlihat sangat cape yaitu biasanya mengeluarkan suara dengkuran, akan tetapi tidak semua suara dengkuran diakibatkan rasa cape yang berlebihan saat melakukan aktifitas, mungkin pula karena ada gangguan disekitar saluran pernapasan, harap diwaspadai bila setiap saat tidur kita terus mendengkur atau ngorok karena akan mempuyai dampak pada kesehatan, mendengkur diantaranya diakibatkan saluran napas sedikit tersumbat sehingga menyebabkan daerah bagian atas tenggorokan dan lidah bergabung ke langit-langit mulut dan bergetar. Inilah yang menyebabkan suara keras keluar saat tidur.

Seringkali, mendengkur juga dapat merupakan gejala dari gangguan yang lebih serius. Mendengkur dapat dikaitkan dengan obesitas, penuaan dan mungkin efek dari obat penenang atau alkohol. Makan tepat sebelum tidur juga dapat meningkatkan kejadian mendengkur.


Berikut dampak yang terjadi bila Anda sering tidur mendengkur, seperti dilansir Livestrong


1. Waktu tidur berkurang

Mendengkur dapat menyebabkan gangguan dalam tidur. Mendengkur yang berkelanjutan dapat menyebabkan kurang tidur, yang dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda.
Kurang tidur dapat mempengaruhi suasana hati, tingkat stres, seksualitas, kemampuan untuk menahan nafsu makan dan lainnya.

2. Sleep apnea

Sleep apnea mengacu pada penghentian pernapasan untuk periode singkat. Setiap episode sleep apnea akan memiliki durasi lebih dari 10 detik.

Mungkin ada sampai tujuh kejadian apnea tidur dalam satu jam, dan sampai 30 sampai 300 episode sleep apnea per malam, menurut American Academy of Otolaryngology.

Sleep apnea dapat menurunkan jumlah oksigen dalam darah, yang mengubah irama pemompaan jantung.
Tingkat tekanan darah juga akan naik dengan sleep apnea yang sedang berlangsung. Juga, jantung mungkin bertambah besar saat gangguan ini berlangsung.
Pada kasus yang lebih parah, mendengkur dan sleep apnea dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung.

3. Stres pada hubungan suami istri

Suara dengkuran yang keras dapat menambahkan stres untuk suatu hubungan. Jika satu pasangan tidak bisa tidur karena suara dengkuran pasangan lain, hubungan dapat menjadi lebih sulit. Mendengkur membuat tidur menjadi waktu yang menyiksa bagi pasangan, karena harus bangun berulang kali karena mendengkur keras.

4. Kehilangan motivasi untuk olahraga

Mendengkur dapat melemahkan kemauan untuk latihan dan berolahraga. Mendengkur dapat membuat tubuh lebih lemah, sehingga tidak memiliki energi yang dibutuhkan untuk latihan.
Seiring waktu, mendengkur dapat menyebabkan penurunan secara keseluruhan dalam kesehatan.

5. Bermasalah di tempat kerja

Orang yang mendengkur dapat memiliki masalah di tempat kerja karena kurang tidur. Bila terjadi terus-menerus dapat menurunkan produktivitas kerja dan mengancam kemampuan untuk fokus pada pekerjaan rinci.

sumber:detikhealth

Artikel Terkait






Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s