ALASAN FPI BUBARKAN DISKUSI SERTA ISI BUKU IRSHAD MANJI, Profil Irshad Manji

ALASAN FPI BUBARKAN DISKUSI SERTA ISI  BUKU IRSHAD MANJI, Profil Irshad Manji FPI kembali  memprotes kehadiran hal-hal yang bisa menyesatkan dan dianggap tidak sesuai dengan akidah Agama Islam, hal ini dilakukan dikarenakan penerbitan yang berjudul Allah, Liberty and Love  yang isinya dianggap menyesatkan, karena ada hal-hal yang mengajarkan mencintai sesama jenis, jelas-jelas ini sangat ditentang oleh agama manapun khususnya agama Islam menurut Ketua Dewan Pimpinan Pusat Front Pembela Islam (FPI) Salim Alatas 
Alasan FPI berunjuk rasa pada acara diskusi di Salihara karena diskusi bukuAllah, Liberty and Love mengajarkan percintaan antarsesama jenis kelamin. 
“Bila mau jadi lesbi atau gay, sendiri saja. Jangan ajak-ajak,” katanya saat dihubungiTempo pada Jumat, 4 Mei 2012.
Salim sendiri belum membaca buku yang ditulis Irshad Manji ini. Ia hanya mendapat aduan dari Dewan Pimpinan Wilayah FPI Jakarta Selatan bahwa buku itu mengajarkan kesesatan. “Saya tidak dapat buku itu, yang dapat DPW. Mereka yang laporkan ajaran sesat,” katanya.
Sebelum dibawa pergi dari gedung Salihara, Irshad sempat menyampaikan beberapa hal tentang cinta dan kesatuan. “Hari ini kita akan tunjukkan cinta. Kita ingin bertahan dalam kesatuan,” katanya. Ketika seseorang melalui akun Twitter mengkritik buku yang dianggap mengajarkan gay itu ke akun @IrshadManji, Irshad tidak menjawabnya. Irshad hanya me-retweet kritikan itu.
Alasan polisipun meminta mereka membubarkan diri karena tiga alasan keberatan terselenggaranya acara itu. Pertama, keberatan dari warga sekitar, kemudian keberatan dari beberapa ormas, seperti FPI. Ketiga, keberatan karena tidak memiliki izin untuk melakukan acara diskusi itu.
Profil Irshad Manji
Irshad Manji dilahirkan di Uganda pada tahun 1968. Ayahnya adalah seorang India Gujarat, dan ibunya berasal dari Mesir. Keluarganya pindah ke Kanada ketika ia berusia empat tahun, sebagai akibat dari pengusiran Idi Amin, diktator yang berkuasa saat itu. Dia dan keluarganya menetap di dekat Vancouver pada tahun 1972. Dia dididik di sekolah sekuler dan sebuah sekolah agama Islam.
Irshad Manji sendiri dikenal sebagai seorang penulis dari Kanada, wartawan dan advokat dari “reformasi progresif” interpretasi Islam. Manji adalah direktur Moral Courage Project (Proyek Keberanian Moral) di Sekolah Robert F. Wagner pada program Pascasarjana Pelayanan Publik di New York University, yang bertujuan untuk mengajarkan para pemimpin muda untuk “menantang kebenaran politik, kesesuaian intelektual dan sensor diri. ” Dia juga pendiri dan presiden Project Ijtihad, sebuah organisasi amal mempromosikan “tradisi berpikir kritis, perdebatan dan perbedaan pendapat” dalam Islam, di antara “jaringan reformis Muslim dan non-Muslim.”Manji adalah seorang kritikus terkenal terhadap Islam tradisional. The New York Times menyebut Manji sebagai “mimpi menakutkan bagi Osama bin Laden”.
sumber:tempo&dewanpos
Artikel Terkait

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s