PENJELASAN DAN PERMINTAAN MAAF DARI PENERBIT BUKU LKS BERISI KOMUNIS

Entah apa yang terjadi sehingga terjadi kesalahan yang sangat mendasar dari isi buku LKS ini, apakah sebelum diterbitkan dan dijual ke sekolah-sekolah buku  LKS ini tidak dilakukan cek dan ricek, sehingga menimbulkan pemberitaan yang ramai tentang ideologi yang ada di Indonesia. apa mungkin sang penerbit juga hanya mengejar keuntungan semata tanpa memperdulikan  dari isi atau kualitas dari buku LKS tersebut. 

Buku Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dijual kesiswa SMU Kelas X yang memuat tentang ideologi Indonesia sampe sekarang masih menjadi perbincanganan hangat. Pihak penerbit, CV Media Karya Putra, meminta maaf dengan kesalahan penulisan kunci jawaban LKS pegangan guru. Pimpinan CV Media Putra Karya, Saifullah Wali, mengatakan bahwa produsen sudah merevisi sejak pertama kali buku diterbitkan, Rabu (18/4). LKS terbitan CV Media Putra Karya yang beralamat di Perumahan Windan Baru No 15 RT 03/07, Desa Gumpang, Kartasura, Sukoharjo ini, memuat soal di buku LKS halaman 10 dengan kalimat “Indonesia mengembangkan sendiri ideologi tepat sesuai kondisi bangsa yaitu Pancasila”. Namun pada buku LKS pegangan guru justru bertuliskan “komunis” pada jawaban pertanyaan tersebut.

Hal itu membuat beberapa guru memprotes isi LKS tersebut. Namun pihak penerbit mengatakan, ada pergeseran kunci jawaban saat penulisan soal nomor 4,5,6 sehingga urutannya menjadi turun. Pihak penerbit sudah melakukan ralat buku LKS PKN X tertanggal 20 Januari 2012. Dalam surat tersebut juga menyatakan, penerbit meminta maaf atas kekeliruan tersebut dan meminta untuk merevisi kepada pihak guru pembimbing di setiap masing-masing sekolah. Sementara, untuk LKS pegangan guru ini hanya dicetak sebanyak 500 eksemplar dan yang sudah beredar hanya 200 eksemplar. Sisanya masih berada di gudang. Sebanyak 200 eksemplar tersebut tersebar di Sukabumi, Tangerang, Jawa barat, dan Sidoarjo Jawa Timur. Dan untuk LKS yang diperuntukkan bagi siswa, dicetak sebanyak 8.000 eksemplar yang sudah menyebar di seluruh SMA di Indonesia. Namun tidak ada persoalan maupun kesalahan seperti yang termuat dalam buku LKS pegangan guru.
sumber:liputan6

Atikel Terkait :


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s