PENELITI TEMUKAN SEL UNTUK MEMBUNUH VIRUS HIV

Penyebaran virus HIV  dari awal kemunculannya telah banyak memakan korban, penyebaran virus ini sangat cepat karena biasanya orang yang mengidap HIV tidak merasakan gejala bahwa mereka tertular virus HIV, baru setelah masuk ketahap AIDS si penderita akan mengetahui bahwa mereka telah tertular penyakit mematikan tersebut, kini bagi penderita HIV ada harapan baru setelah sekian lama virus HIV ini menjadi momok yang menakutkan, kini virus HIV penyebab awal terjadinya AIDS ini ada kemungkinan besar bisa disembuhkan, setelah melalui penelitian panjang. Akhirnya para peneliti berhasil menemukan sel induk hasil rekayasa yang bisa membunuh virus HIV. Para Peneliti di Universitas Califirnia, Amerika Serikat, mengatakan, mereka telah menunjukkan bahwa sel induk rekayasa genetika dapat menyerang sel yang terinfeksi HIV dalam organisme hidup.

Para ilmuwan telah mengidentifikasi molekul yang dikenal sebagai reseptor sel T. Kemudian kloning itu memandu sel T dalam mengenali dan membunuh sel yang terinfeksi HIV dan menggunakannya secara genetik untuk dimasukkan ke dalam sel induk darah manusia. Ketika sel-sel ditempatkan dalam jaringan manusia yang telah ditanamkan pada tikus, sel tersebut berkembang menjadi populasi besar. Akhirnya, secara khusus populasi tersebut dapat menargetkan sel yang mengandung protein HIV. Para peneliti telah merekayasa sel darah induk manusia dengan cara yang sama. Para peneliti menemukan bahwa mereka dapat membentuk sel T matang yang dapat menyerang HIV dalam jaringan di mana virus berada.

Dalam serangkaian tes pada perifer plasma tikus, darah, dan organ, para peneliti menemukan bahwa jumlah sel T helper ‘CD4 yang terinfeksi HIV mati. Akibatnya, tingkat HIV dalam darah menurun. “Kami percaya bahwa studi ini meletakkan dasar bagi potensi penggunaan dalam memerangi infeksi HIV pada orang yang terinfeksi. Ada harapan lewat penelitian ini untuk memberantas virus HIV dari tubuh,” kata Scott Kitchen, aasisten profesor kedokteran UCLA. Penelitian ini memberikan harapan baru bahwa penyalit mematikan HIV/AID ternyata ada obatnya. Jika pengobatan cara ini berhasil dilakukan, para penderita HIV bisa diselamatkan.

sumber: liputan6

Artikel Terkait :


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s