NEGARA TERTUA DI DUNIA, Sejarah Berdirinya Suatu Negara

Negara tertua didunia, sejarah berdirinya suatu negara | Sebuah negara tidak akan tiba-tiba muncul begitu saja, berdirinya suatu negara tidak terlepas dari sejarah panjangnya. berdirinya suatu negara karena ada suatu kesepakatan dan kesepahaman antara masyarakat yang menempati suatu kawasan dengan orang yang dianggap waktu itu  layak menjadi pemimpin mereka.


Di bawah ini daftar negara tertua di dunia :


1. SAN MARINO ( BERDIRI TAHUN 301 )

Ibu Kota : San Marino
Sistem Pemerintahan : Republik
Republik San Marino merupakan negara terkecil ke lima di dunia dan dikelilingi oleh Italia tepatnya di sebelah utara berbatasan dengan provinsi Rimini, daerah Emilia-Romagna dan di sebelah selatan provinsi Pesaro dan Urbino, daerah Marche.

San Marino adalah negara republik konstitusional tertua di dunia, dibentuk pada 3 September 301 oleh Santo Marinus dari Rab, seorang tukang batu Kristiani yang kabur pada saat persekusi agama oleh Kaisar Romawi Diocletian. Konstitusi San Marino diberlakukan pada 1600, adalah konstitusi tertua di dunia yang masih berlaku

2. PERANCIS ( BERDIRI TAHUN 486 )
Ibu Kota : Paris

Sistem Pemerintahan : Republik

Merupakan sebuah negara yang teritori metropolitannya terletak di Eropa Barat dan juga memiliki berbagai pulau dan teritori seberang laut yang terletak di benua lain.[1] Perancis Metropolitan memanjang dari Laut Mediterania hingga Selat Inggris dan Laut Utara, dan dari Rhine ke Samudera Atlantik. Orang Perancis sering menyebut Perancis Metropolitan sebagai “L’Hexagone” (“Heksagon”) karena bentuk geometris teritorinya. Perancis adalah sebuah republik kesatuan semi-presidensia yang tidak punya presiden. Ideologi utamanya tercantum dalam Deklarasi Hak Asasi Manusia dan Warga Negara.
3. BULGARIA ( BERDIRI TAHUN 632 )
bu Kota : Sofia

Sistem Pemerintahan : Federal

Adalah sebuah negara di Eropa Tenggara. Bulgaria berbatasan dengan lima negara: Rumania di utara (sebagian besarnya di sepanjang Sungai Donau), Serbia, dan Republik Makedonia di barat, dan Yunani dan Turki di selatan. Laut Hitam membatasi negara ini di sebelah timur.
4. DENMARK ( BERDIRI TAHUN 950 )
Ibu Kota : Copenhagen

Sistem Pemerintahan : Monarki konstitusional
Kerajaan Denmark (bahasa Denmark: Kongeriget Danmark) adalah negara Nordik yang paling kecil dan paling selatan. Denmark terletak di sebelah barat daya dari Swedia dan selatan dari Norwegia. Negara ini terletak di Skandinavia, Eropa Utara sehingga termasuk Uni Eropa namun tidak berada di Semenanjung Skandinavia.


5. PORTUGAL ( BERDIRI TAHUN 1143 )
bu Kota : Lisboa

Sistem Pemerintahan : Republik
Sebuah negara di Eropa bagian barat daya. Negara ini berbatasan dengan Spanyol di sebelah utara dan timur. Di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Atlantik. Selain itu, Portugal juga mempunyai daerah di Madeira, Azores dan Kepulauan Selvagens.


6. ANDORRA ( BERDIRI TAHUN 1278 )
Ibu Kota : Andorra la Vella

Sistem Pemerintahan : Federal
sebuah kepangeranan kecil yang terletak di Eropa bagian barat daya, di timur bantaran Sungai Pirenea dan berbatasan dengan Perancis dan Spanyol. Negara mewah ini terkenal dengan sektor pariwisata dan status bebas cukai. Andorra merupakan sebagian dari negara-negara Katalan.


7. SWITZERLAND / Swiss ( BERDIRI TAHUN 1291 )
Ibu Kota : Bern

Sistem Pemerintahan : Federal
adalah sebuah negara federal berisi 26 canton di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Jerman, Perancis, Italia, Liechtenstein dan Austria. Swiss adalah negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari Pegunungan Alpen.



Artikel Terkait :




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s