FUNGSI MANAJEMEN DALAM SUATU ORGANISASI, Fungsi Manajemen dalan Kehidupan Bersosial

Fungsi manajemen, Konsep manajemen dalam suatu organisasi, Funsi manajeman dalam kehidupan sosial |   Manajemen adalah penting untuk semua gerakan berhasilnya dari suatu organisai dalam mencapai tujuannya. Faktor modal, penggunaan teknologi dan informasi adalah perlu bagi perkembanga dan pembangunan serta pertumbuhan suatu organisasi, apakah itu bisnis, pemerintah, atau oganisasi kemasyarakatan lainnya. Tetapi juga faktor kecakapan dan keahlian manusia adalah lebih penting lagi, sebab tidak ada suatu organisasi dalam mengejar tujuannya bisa bertahan lama tanpa Manajer atau administrator yang handal.
Manajerlah yang menjadi penentu apakah lembaga-lembaga sosial  melayani kita dengan baik atau mereka justru menyia-nyiakan potensi dan sumber daya yang kita miliki. (Chulk William) sejauh mana keberahasilan suatu organisai dapat mencapai tujuannya dan memenuhi tanggung jawab sosialnya, banyak tergantung pada manajernya. Manajer merupakan suatu jabatan yang sangat penting, tak ada jabatan didalam masyarakat kita yang lebih penting, dari seorang Manajer (Henry Minzzberg),  orang-orang inilah yang mengatur dan menata aktivitas organisasi dengan bantuan segala sumber daya untuk mencapai tujuannya, tugas – tugas tertentu dari kerjasama individu untuk mencapai tujuan masa depan yang lebih baik, adalah produk lama dan kebudayaan masa silam yang lebih diformulasikan kedalam bentuk lebih maju dan up to date relevan dengan perkembangan kemajuan zaman.
Hal ini telah ditunjukan oleh para Nabi sebagai utusan Allah, sejak Nabi pertama Adam AS sampai dengan Nabi terkahir Muhamad SAW, dalam pengelolaan umatnya, apabila kita kaji secara mendalam telah mempergunakan konsep, prinsip dan metode pendekatan yang dapat kita pelajari sebagai sumber otentik dari ajaran Al Idarah dan bisa dipersamakan dengan manajemen/administrasi , atau Tadbir yaitu kemampuan mengatur dan menata berbagai jenis aktivitas sosial. Mengapa aktivitas social karena aktivitas manajemen tak dapat dilakukan sendiri, hal ini dapat kita lihat dari karya, budaya manusia, contoh seperti piramida yang memperlihatkan kepada dunia luar mengenai kemampuan manajemen/adminstrasi dan keahlian teknik orang mesir zaman dahulu. sejauh manapula kegitan gotong royong dengansistem kekeluargaan di Indonesia yang memiliki nilai-nilai harmoni heterogenistik dalam kesatuan dan persatuan bangsa, bisa mengilhami penyelenggaraan manajemen modern dalam pengelolaan suatu kerja sama,seperti halnya perkembangan manajemen dari Amerika, Eropa, Jepang dan Korea di wilayah Asia yang telahmenunjukan kebolehan dalam mengelola usaha kerja sama sehingga berhasil memperlihatkan prestasi supremasi manajeman kualitas kelas dunia 
|

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s