TANAMAN SINGKONG TAHAN CUACA EKSTRIM, Tanaman Yang Tahan Berbagai Cuaca Eksrim

Tanaman singkong tahan terhadap cuaca ekstrim, tanaman yang kuat terhadadap cuaca ekstrim |  Dampak pemanasan global dan perubahan iklim sudah dirasakan umat manusia, suhu yang ekstrem dan kekeringan mengancam satwa dan tumbuh-tumbuhan. International Cener for Tropical Agriculture (ICTA) melakukan kajian tentang tanaman pangan yang paling tahan terhadap dampak negatif pemanasasan global, ternyata singkong menjadi jawaranya. Lembaga riset yang berbasis di Kolombia itu membuat permodelan dan simulasi yang mengaitakn tanaman pangan dengan  iklim, tanamana sumber kabohidrat yang dijadikan sample adalah Singkong, Kentang, Jagung, Kacang, Pisang, Millet, dan Sorgum.
Tanaman itu diuji ketahanannya terhadap 24 skenario iklim masa depan, Singkong selalu mengungguli tanaman pangan lain, “singkong adalah Rambo bagi tanaman pangan” . rahasianya terletak pada kemampuan tumbuhan umbi-umbian ini bertahan pada tanah yang tidak subur dengan sedikit air, saat kemarau singkong memilih berhibernasi menuggu datangnya musim hujan, kemampuan bertahan dari iklim panas memang dibutuhkan tumbuhan agar bertahan di masa mendatang,

Pada 2030suhu udara diperkirakan meningkat 1,2-2 derajat elcius, pola curah hujan juga berubah. Jarvis mengajukan petani melakukan diversifikasi tanaman pangan untuk masa depan yang ekstrem. Singkong menjadi tanaman dengan resiko gagal panen paling kecil,.singkong merupakan sumber kabohidrat yang telah ditanam sejak setengah milenium lalu di Amerika Selatan. Tnaman ini di perkenalkan ke benua lain pad abad ke-17 oleh pedangang asal Portugis, di Indonesia produksi singkong mencapai 24.08 juta ton per tahun namun jumlah tersebut masih kurang, sehingga pemerintah masih harus menginport 7,73 juta ton singkong, wah sepertinya singkong bisa menjadi peluang usaha yang bagus.       


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s