PERAN PSIKOLOGI FORENSIK DALAM PROSES HUKUM, Peran Forensik Untuk Mengungkap Kejahatan

Peran psikologi forensik untuk proses hukum, Forensik untuk mengungkap kejahatanMenurut Fiedlman, Psikologi adalah ilmu yang mempelajari proses mental dan perilaku, Psikologi mencoba menjelaskan fenomena yang terjadi pada manusia, termasuk di dalamnya dan yang berhubungan dengan masalah hukum. Di Indonesia sendiri. Psikologi secara familiar terbagi atas beberapa organisasi dan industri, Psikologi umum dan Eksperimen, serta psikologi pendidikan. 

Seiring dengan waktu, kajian itu pun semakin berkembang hingga kini mencapai 50 kajian, The Committee on Ethical Guidelines for Forensic Psychology (Putwain dan Sammons 2002)  mendefinisikan psikologi hukum sebagai semua bentuk pelayanan psikologi yang dilakukan dalam hukum. Peran psikologi forensic adalah menggunakan prisnip-prinsip psikologi untuk membantu jalanya proses hukum, seperti menjadi saksi ahli dalam persidangan, mengevaluasi mental pelaku dan koraban.

Banyak sekali kasus kriminal yang terjadi yang dapat kita ketahui melalui media cetak ataupun televis, contoh yang masih hangat adalaah kecelakaan maut Tugu Tani yang disebabkan oleh keteledoran Afriyani. Psikologi Forensik inilah yang kemudian berperan memberikan sudut pandang yang digunakan untuk menjelaskan fenomena tersebut, degan melihat sisi psikologi pelakunya. Contohnya, apakah si pelaku mengalami gangguan kesehatan mental atau tidak, dan apakah pelaku sedang dalam pengaruh obat-obatan atau secara sadar melakukanya. Pandangan ini bukan memaklumi tindakannya, melainkan mencoba menelaah untuk mendapatkanpenjelasan yang akan digunakan untuk membantu jalanya proses peradilan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s