PENGAWASAN DIRJEN PAJAK DIPERKETAT Terkait Banyak Dugaan Korupsi

Pengawasan dirjen pajak diperketat, korupsi di Dirjen pajak | Penelitian bidang Korupsi Politik Indonesia Coruption Watch,   Abdullah Dahlan, mendesak agar pengawasan internal di Direktorat Jenderal Pajak Kementrian Keuangan di perketat. ”sekarang masih banyak bolongnya,” ujarnya ketika dihubungi kemarin. Ia mengusulkan agar pelaporan kekayaan pegawai pajak tidak hanya diwajibkan bagi pegawai yang berhubungan langsung dengan wajib pajak mulai eselon I hingga IV. ”Seharusnya seluruh karyawan Pajak melakukan hal serupa.”

Pengawasan juga bisa dilakukan dengan merotasi pegawai secara rutin untuk memutuskan mata rantai korupsi. Komisi pemberantasan korupsi serta pusat pelaporan dan analisis transaksi keuangan pun harus membuat posko pengaduan bagi publik yang mengetahui kekayaan pegawai tak wajar disebuah lembaga. Selain itu, wajib pajak terutama perusahaan besar yang melantai di bursa efek, wajib melaporkan kekayaanya untuk membangun etika bisnis yang sehat dan transparan. 

“fungsinya agar publik tahu kekayaaan perusahan,begitu juga berapa pajaknya, publik bisa ikut mengontrol,” katanya.berulangnya tindak pidana korupsi, menunjukan kelemahan reformasi birokrasi di lembaga tersebut, seharunya godaan sebesar apapun kalau sistemnya memang kalau sudah baik tidak akan berpengaruh.
Hal ini menyoroti Direktur jenderal Pajak Kementrian Keuang Fuad Rahmany yang menyatakan mekanisme pengawasan internal di institusinya sudah baik, hal ini telihat semakin banyaknya kasus pajak yang terungkap ke publik sejak kasus Gayus Tambunan terkuak 2009, 

Sepanjang tahun itu sudah 260 pegawai pajak dari berbagai golongan di mutasi dan dipecat.
 Fuad meminta aparat bertidak adil juga terhadap penyuap pajak yang teridentikasi korupsi. Untuk menjaga dan menyelamatkan aset Negara Kemetrian Keuangan dan Kepolisian menandatangani nota kesepahaman salah satu poinnya adalah penegakan hukum di bidang perpajakan serta tindak lanjut hasil pemeriksaan pegawai oleh aparatur Kementrian Keuangan yang terindikasi tindak pidana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s