TERAPI CANGKOK GINJAL AGAR ORGAN TUBUH MENERIMANYA

Terapi cangkok ginjal, cangkok ginjal | Cangkok  ginjal atau organ tubuh lainnya  sudah menjadi salah satu terapi pengobatan suatu penyakit, kini para peneliti menemukan cara untuk mengelabui sistem  kekebalan tubuh, sehingga organ donor yang tidak cocok dapat diterima. Temuan ini dinilai sangat penting karena membantu pasien transplantasi organ yang selama ini haus mengkonsumsi obat seumur hidup untuk mencegah terjadinya penolakan dari organ donor.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science Translational Medicene, dari delapan pasien transplantasi ginjal  yang dirawat  dengan metoden baru, lima di antaranya berhenti meminum obat anti penolakan organ setahun setelah mereka dioperasi. Bahkan salah satu  pasien Linsay Porter,  benar-benar terbebas dari obat anti penolakan selama hampir dua tahun setelah menjalani trasplantasi ginjal. “saya mendengar tantangan yang harus dihadapi, penerima organ untuk meminum obat-obatan. Tapi metoden ini menunjukan sebaliknya, saya merasa sangat sehat dan normal.” Ujar perempuan berusia 47 tahun asal Chicago itu. Selama ini trasnplantasi organ konvensional mengharuskan penerima organ mengkonsumsi obat untuk menekan sistem kekebalan tubuh mereka.

Padahal obat itu dapat menyebabkan efek samping serius, termasuk tekanan darah tinggi, diabetes. infeksi, penyakit jantung dan kanker. Metode baru ini akan menawarkan kualitas hidup yang lebih baik dan risiko kesehtan yang lebih sedikit kepada para penerima donor, kata Suzan Lidstad, Direktur Institute of Cellular Therapecuitics di University of Loisiville di Kentucky, Amerika Serikat, yang mengembangkan metode mutakhir tersebut. Tapi tidak semua trasplanstasi organ dapat menggunakan metode temuan Lidstad. Beberapa ahli mengatakan metode ini tidak dapat diterapkan pada pasien yang menjalani transplantasi sumsum tulang belakang. Terlalu beresiko, berbeda dengan transplantasi ginjal yang relativ lebih aman. Kata Tatsuo Kwai seorang ahli bedah transplantasi di Harvard Medical School

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s