LENOVO LUNCURKAN PRODUK SLEEKBOOK UNTUK SAINGI ULTRABOOK

Vendor komputer Lenovo mengeluarkan produk alternatif bagi konsumen di Indonesia produk ini dibuat diantara teknologi ultrabook dan netbook yang sudah lebih dulu beredar di pasaran, produk ini diberina sleekbook Produk tersebut bakal dijual seharga kurang dari 800 dollar AS.
President Director PT Lenovo Indonesia Sandy Lumy menjelaskan konsumen Indonesia menginginkan perangkat dengan harga di bawah Ultrabook namun spesifikasi di atas netbook.

“Pasar Indonesia itu unik. Banyak yang menginginkan harga perangkat yang tidak mahal, tapi performa bagus, tipis dan stylish. Maka kami akan mengeluarkan Sleekbook,” kata Sandy selepas acara Pengumuman Lenovo Do Network di Hotel Four Season Jakarta, Rabu (7/3/2012).

Berdasarkan riset Lenovo, sekitar 87 persen orang Indonesia cenderung menyukai tiga kategori: harga kurang 300 dollar AS, 300-400 dollar AS dan 400-600 dollar AS.

Lenovo menyiapkan perangkat Sleekbook untuk memenuhi rentang harga yang disukai tersebut. Selain mirip Ultrabook, Sleekbook memiliki daya tahan baterai lebih lama, yaitu sekitar 9 jam.

Sleekbook, lanjut Sandy, juga diharapkan dapat memenuhi konsumen yang tidak puas dengan ukuran layar netbook di kisaran 10 inci. Sleekbook bakal memiliki rentang layar 12 inci.

Kendati demikian, pasar Sleekbook ini tidak akan menggerus pasar notebook atau netbook. Spesifikasi, performa dan harga perangkat tersebut akan berbeda.

Soal prosesor, Sandy menjelaskan Lenovo tidak akan buru-buru menerapkan Intel Ivy Bridge. Hingga saat ini pihaknya belum menerima kedatangan prosesor terbaru tersebut.

“Kita masih memilih prosesornya. Kami belum tahu apakah memakai Sandy Bridge atau Ivy Bridge. Tentunya kami akan menyesuaikan dengan pihak Intel,” jelasnya.

Karena memiliki desain yang tipis dan stylish, maka Lenovo akan menyasar pengguna perangkat tersebut untuk anak muda. Sayangnya, Sandy enggan menjelaskan harga pasti perangkat tersebut.

Siap Luncurkan U300e

Di semester I-2012 ini, Lenovo akan meluncurkan dua Ultrabook yaitu seri U300e dan U400. Seri ini melengkapi U300s yang telah diluncurkan awal tahun ini.

“Untuk Ultrabook U400 sudah ada di pasar sekarang. Tapi kalau U300e akan dirilis dalam dua minggu lagi,” kata Sandy.

Untuk Lenovo Ultrabook U400 akan dijual dengan harga 999 dollar AS. Sedangkan Ultrabook U300e akan dijual sekitar 899 dollar AS.

Pemilihan harga kurang dari 1.000 dollar AS itu disebabkan untuk memperluas penetrasi pasar di segmen Ultrabook.

Penetrasi pasar Ultrabook saat ini hanya dilakukan di segmen menengah atas. Apalagi harga Ultrabook yang ditawarkan juga di atas 1.000 dollar AS.

“Kami ingin masuk ke segmen lebih luas, tidak hanya segmen premium. Dua pasar itu sama-sama menggiurkan,” tambah Sandy.

Khusus untuk U300e cenderung memiliki body lebih tebal dibanding U300s. Gara-garanya, U300e dilengkapi dengan harddisk drive (HDD), sementara U300s dulu dilengkapi dengan Solid State Drive (SSD).

Sedangkan spesifikasinya mirip dengan U300s, bedanya hanya menggunakan prosesor Intel Core i5, sementara U300s sudah memakai prosesor i7.

Begitu juga dengan U400 yang memiliki rentang layar 14 inci. Bodi-nya juga lebih tebal karena ada slot in Optical Disk Drive (ODD).

“Meski lebih tebal, desain dan performanya tidak kalah dengan U300s di segmen premium,” jelasnya.

sumber:kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s