FAKTA MANFAAT KALSIUM UNTUK KESAHATAN TULANG

Kalsium adalah mineral yang amat dibutuhkan oleh tulang, manusia  sesuai bertambahnya usia maka kerapatan serta kekuatan tulang akan berkurang hal ini diakibatkan karena berkurangnya juga makanan yang dikonsumsi oleh usia lanjut
1.  Pencurian Kalsium
Kalsium adalah mineral yang paling banyak terdapat di tubuh manusia. Kira-kira 99% kalsium terdapat pada tulang dan gigi, sedangkan  1% lainnya beredar dalam darah. Tanpa 1% kalsium yang mengalir ke seluruh tubuh, otot akan mengalami gangguan kontraksi, darah akan sulit membeku, dan saraf akan terganggu. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium yang 1% ini, tubuh mengambilnya dari asupan makanan. Jika makanan anda tidak mengandung cukup kalsium, maka tubuh anda akan mengambilnya dari tulang. Itulah yang sering disebut sebagai ‘pencurian’ kalsium dari tulang, dan jika dibiarkan terus menerus maka tulang akan keropos.
Pencurian Kalsium (Sumber: mediaindonesia.com)
2. Menabung Kalsium
Bagaimana caranya menghindari bahaya osteoporosis di masa tua? Tentu saja dengan cara ‘menabung’ kalsium sejak masih muda. Banyak anak muda yang beranggapan bahwa kebiasaan baik mencegah osteoporosis hanya perlu dilakukan oleh orang yang lanjut usia. Padahal di usia yang lebih muda tubuh mempunyai kemampuan maksimal dalam penyerapan kalsium. Untuk menabung kalsium anda tidak perlu menyiapkan celengan atau pergi ke Bank, karena yang dimaksud dengan menabung kalsium adalah mengkonsumsi banyak makanan yang mempunyai kalsium tinggi sejak masih muda agar tidak menyesal di masa tua.
Menabung Kalsium (sumber: preventionindonesia.com)
3. Makanan yang Mengandung Banyak Kalsium
Anda tentu sudah sering mendengar bahwa susu adalah minuman kaya kalsium yang sangat penting bagi tubuh. Banyak produsen susu mengiklankan manfaat kalsium bagi tulang untuk memasarkan produk mereka. Hal tersebut tidaklah salah, karena susu dan beragam produk susu lainnya seperti keju dan yoghurt memang bisa dibilang sebagai gudangnya kalsium. Tetapi untuk anda yang tidak doyan susu atau mungkin alergi, anda tidak perlu khawatir karena banyak variasi makanan lain yang juga sama baiknya untuk tulang. Banyaklah mengkonsumsi ikan salmon, ikan sarden, sayuran hijau, kacang-kacangan, juga tempe dan tahu, karena makanan tersebut selain bergizi juga kaya akan kalsium yang mudah diserap oleh tubuh. Selain itu anda sebaiknya menghindari minuman bersoda atau minuman dalam kaleng lainnya karena selain tidak baik untuk kesehatan tulang, minuman bersoda juga mengandung sangat sedikit nutrisi atau bahkan ada yang tidak mengandung nutrisi sama sekali.
Makanan yang Mengandung Banyak Kalsium (sumber: sunnjenteidrett.no)
4. Manfaat Kalsium Bagi Tubuh
Kenapa sih kita harus repot-repot menabung kalsium? Apa sebenarnya manfaat kalsium bagi tubuh? Apakah hanya untuk mencegah Osteoporosis saja? Tentu tidak..ada banyak manfaat kalsium yang mungkin belum anda ketahui. Kalsium, selain mencegah pengeroposan tulang, juga mempunyai manfaat-manfaat yang lain seperti membantu pembekuan darah, mengurangi resiko gejala batu ginjal, dan mencegah sindrom pramenstruasi untuk kaum perempuan, seperti sakit dan nyeri haid yang berlebihan.
Manfaat Kalsium Bagi Tubuh (sumber: blogspot.com)
5. Bahaya Kekurangan Kalsium
Apakah yang akan terjadi bila tubuh anda kekurangan kalsium? Tentu saja anda akan mengalami berbagai macam keluhan seperti nyeri otot, kurangnya kekebalan tubuh, berkurangnya daya ingat, gangguan jantung, dan juga Osteoporosis. Oleh karena itu biaskanlah mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium, rajinlah berolahraga, dan mulailah pola hidup sehat. Hidup sehat sejak masih muda, agar sehat juga di masa tua.(**)
Bahaya Kekurangan Kalsium (Sumber: blogspot.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s