TIP SEO. 9 Tip Dasar SEO

SEO (Search Engine Optimization) kini sudah menjadi kebutuhan utama suatu website. Bahkan telah muncul profesi baru berkat salah satu fenomena mesin pencari ini. Contohnya saja sebuah penyedia jasa SEO di Indonesia berani menawarkan harga mencapai Rp 10.000.000,00 hanya untuk menjadikan suatu website mendapat peringkat 10 besar di situs mesin pencari.
Nah, coba bayangkan apa saja yang bisa anda lakukan jika anda menguasai teknik ini. Untuk itulah pada artikel ini kita akan membahas teknik dasar SEO yang perlu anda ketahui jika mulai belajar lebih dalam lagi. Namanya On Page SEO. Tujuannya adalah menjadikan mesin pencari lebih peka terhadap konten yang ada di dalam website kita. Nah, bagaimana melakukannya? Simak tips-tips On Page SEO berikut:

1. Format aturan penulisan: atas – bawah, kiri – kanan

Behavior situs mesin pencari dalam membaca halaman website adalah membaca konten dari atas ke bawah dan kiri ke kanan. Berbekal pengetahuan tentang behavior ini, aturlah halaman website anda diantaranya dengan:
  1. Membuat teks judul yang mengandung kata kunci ditulis pada bagian kiri atas.
  2. Setelah teks judul letakan konten halaman.
  3. Bagian lain yang kurang penting letakan di bagian kanan bawah halaman.

2. Keyword density

Anda harus mengenal keyword density (kerapatan kata kunci). Dalam isi konten halaman, jangan sampai terlalu banyak menggunakan kata kunci karena bisa membuat mesin pencari anda justru menghindarkan website anda. Pergunakanlah sekitar 2 sampai 7% dari total kata-kata yang ditulis di isi konten halaman.

3. Nama domain mengandung kata kunci

Walaupun mesin pencari Google kini menerapkan algoritma Panda yang justru akan melakukan inspeksi lebih dalam lagi pada nama domain yang mengandung kata kunci, setidaknya metode ini masih digemari oleh mesin pencari lainnya. Namun berhati-hatilah agar tidak terlalu banyak memasukan kata kunci dalam nama domain anda agar situs anda tidak semakin ‘dibenci’ oleh algoritma Panda milik Google.

4. HTML tag dan image tag

Manfaatkanlah HTML tag dari script website anda. Misalnya meta tag, title tag, content tag, dll. Berikan juga alt tag & title tag pada setiap image yang ada di konten halaman anda. Karena mesin pencari tidak bisa membaca gambar, grafik, dsb.

5. Urutan prioritas kata kunci

Urutan pripritas kata kunci suatu halaman yang dibaca mesin pencari adalah: Nama Domain > URL halaman > Title Tag > Inage Tag > 200 kata pertama > kata-kata setelahnya. Ikutilah urutan tersebut untuk meletakan kata kunci anda. Namun tetap jangan lupa untuk memperhatikan faktor keyword density-nya.

6. Link setiap halaman yang ada di website ke halaman home

Ketika pengunjung datang ke website melalui pencarian artikel pada mesin pencari, tidak semuanya mengunjungi halaman home anda. Inilah sebabnya navigasi ke halaman utama sangatlah penting untuk memancing visit pengunjung ke halaman home anda.

7. Buat sitemap website

Sitemap adalah sebuah file yang berisi susunan direktori seluruh halaman website anda. Tujuannya adalah memudahkan mesin pencari untuk menjaring setiap halaman website anda. Cara membuatnya pun sangat mudah dan banyak sekali tutorialnya yang bisa anda dapatkan di Google dengan kata kunci “XML Sitemap Generator”.

8. Buat file robots.txt ke direktori public_html hosting anda

File robots txt akan d9ibaca pertama kali oleh setiap mesin pencari yang berkunjung untuk melakukan sensus terhadap website anda. Tutorialnya cara membuatnya juga sangat mudah didapatkan dengan melakukan pencarian Google. Coba saja.

9. Pelajari juga teknik SEO produk saingan.

Pelajarilah juga bagaimana saingan anda menggunakan kata kunci. Bisa jadi nantinya anda akan menemukan trik-trik lain yang bisa anda tiru untuk meningkatkan “teknik SEO” anda.
Sebagai bonus kami tambahkan tips kesepuluh dalam mengoptimalkan SEO On Page anda. Yaitu:

10. Pemilihan kata kunci yang tepat.

Adapun cara mendapatkan kata kunci yang tepat bisa anda ikuti pada 3 langkah berikut:
Langkah 1:
Buka situs keyword tool external. Anda bisa memanfaatkan keyword checker milik Google pada URL: https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal. Kemudian masukan kata kunci yang ingin dicari.
Langkah 2:
Untuk mencari kata kunci yang populer di Indonesia, klik Advanced Option. Kemudian pada Location dan Language pilih Indonesia. Masukan captcha dan klik search.
Langkah 3:
Maka akan muncul daftar keyword yang paling sering digunakan di pencarian kata kunci. kata kunci yang paling baik adalah kata kunci dengan angka Monthly Search yang tinggi dan tingkat competition yang rendah.
Masih banyak lagi “teknik SEO” yang bisa kita pelajari. Misalnya teknik SEO Off Page. Teknik ini merupakan kebalikan dari SEO On Page, optimasinya kita lakukan dari luar halaman website. Dalam teknik ini, kita mengoptimalkan kepekaan search engine dengan menambah infrastruktur jalur search engine dalam menemukan website kita.
Contohnya adalah dengan menitipkan backlink/inbound link ke situs kita pada website lain. Nah, tugas anda adalah mencari tahu mengenai SEO Off Page ini. Sekian dan semoga tips SEO On Page  yang kami hadirkan bisa membantu anda untuk mulai mempelajari “teknik SEO” lebih dalam lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s