MENGENAL TEKNOLOGI CLOUD, Menyimpan Data Dengan Teknologi Cloud



Pernahkah terbayangkan bila suatu hari Anda tidak sengaja memformat USB karena alasan penuh namun di dalamnya terdapat laporan untuk atasan? Memang jarang terjadi, namun hal ini bisa saja terjadi di waktu yang tidak kita perkirakan.

Kejadian seperti itu sekarang tidak akan menjadi kekhawatiran lagi karena terbantu dengan aplikasi berbasis Public Cloud dari Google yaitu Google Docs. 

Dengan aplikasi tersebut kita dapat mengakses data-data secara online ataupun menyimpannya ke dalam komputer sehingga pada saat komputer kita mengalami kerusakan atau data hilang yang kita butuhkan hanya berpindah ke komputer lain yang terkoneksi internet dan kita siap kembali bekerja.

Selain manfaat mobile dimana kita bisa menggunakan aplikasi di komputer manapun yang terkoneksi internet, aplikasi berbasis Cloud baik itu Public maupun Private dapat banyak meringankan tugas IT support kantor begitupun mempermudah pekerjaan kita. 

Mungkin Anda pernah mengalami kejadian dimana aplikasi-aplikasi desktop kantor sedang diupgrade, lalu satu per satu komputer kantor dimutakhirkan yang tentu saja memakan waktu. Dengan aplikasi berbasis Cloud tidak akan lagi Anda menemukan hal seperti itu. Pemutakhiran aplikasi berbasis Cloud dilakukan di server pusat oleh karena itu kita akan dapat menghemat banyak waktu.

Hal menarik yang dimiliki dari aplikasi berbasis Cloud ialah pemrosesan yang dilakukan di server pusat, sehingga sebagai user tidak memerlukan komputer canggih untuk menggunakan aplikasi. 

Biasanya spesifikasi komputer yang dibutuhkan hanya komputer yang mendukung browser dan cukup dengan komputer keluaran tahun 2005 ke atas, kita sudah bisa menggunakan aplikasi Cloud. 

Bila Anda seorang pemilik perusahaan, hal ini tentu saja bisa banyak memberikan manfaat, selain anggaran yang bisa diminimalisir anda juga bisa mengalokasikan tenaga IT perusahaan ke pengembangan aplikasi perusahaan.

Pilihan Layanan Cloud

Sejauh ini sudah banyak aplikasi-aplikasi gratis berbasis Public Cloud yang bisa kita gunakan selain Google Docs salah satunya ialah aplikasi pemrosesan gambar Pixlr.com. 

Software pemrosesan gambar ini memiliki keunikan karena selain berbasis Public Cloud, Pixlr.com mempunyai penggunaan yang hampir sama dengan aplikasi pemrosesan gambar yang sudah biasa kita gunakan yaitu Adobe Photoshop, sehingga bila kita sudah terbiasa dengan Adobe Photoshop maka kita tidak perlu lagi mempelajari penggunaannya. 

Selain Pixlr.com ada juga aplikasi unik lain bernama Animoto.com namun kali ini berfungsi untuk pemrosesan video. Situs yang telah banyak mendapatkan rekomendasi ini mempunyai fitur yang sangat istimewa sehingga walaupun kita tidak mahir dalam mengedit video, namun dengan fitur dari Animoto.com video yang dihasilkan akan seperti profesional.

Tidak kalah dengan aplikasi Cloud dari luar negeri beberapa perusahaan IT Indonesia pun sudah ada yang mengeluarkan aplikasi berbasis Cloud baik itu Private maupun Public. 

Untuk aplikasi berbasis Public Cloud, Indonesia mempunyai ngaturduit.com yang mempunyai fungsi sebagai aplikasi manajemen keuangan pribadi, dengan peluncuran ngaturduit.com versi Android yang baru diluncurkan beberapa bulan lalu kita bisa memasukan data keuangan pribadi melalui telpon genggam Android kesayangan Anda. 

Untuk sistem akuntansi yang berbasis Cloud kita mempunyai Jasfilin.com, dengan aplikasi berbasis Cloud dari jasfilin.com data akuntansi perusahaan dapat dengan mudah diakses untuk pengecekan laporan secara realtime kapan saja dan dimana saja. 

Di samping aplikasi Public Cloud Indonesia juga mempunyai W-ERP sebuah sistem ERP berbasis Private Cloud yang diperuntukan untuk perusahaan yang menginginkan integrasi dalam seluruh sistem perusahaan. 


Sumber:detiknet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s