TIPS SIRI iPHONE 4S KENALI BAHASA INDONESIA, Cara Agar iPhone 4S Kenali Bahasa Indonesia

iPhone 4S memang gadget canggih untuk saat ini dengan fitur andalannya yaitu siri menjadikan smarthphone ini semakin diminati dan pemakai smarthphone produk iPhone terkenal loyal mungkin dari produk yang mempunyai prestise tinggi juga karena fitur-fiturnya yang sangat canggih, produk iPhone ini mempunyai pesaing yaitu seri Galaxy S dari Samsung.
Kini iPhone 4S sudah tiba di Indonesia. Salah satu aplikasi andalan di ponsel ini adalah Siri, semacam software asisten pribadi yang bisa diajak bicara.

Sayangnya, jika diajak berbincang, Siri belum dapat memahami bahasa Indonesia.

Kelemahan ini kemudian ‘dimanfaatkan’ oleh Nuance Communication, perusahaan pengembang aplikasi dan piranti lunak asal Amerika Serikat dengan memperkenalkan aplikasi Dragon Search dan Dragon Dictation.

Software Dragon Search dan Dictation ini memiliki sebagian kemampuan Siri untuk mengubah suara menjadi teks dan melakukan fungsi pencarian. Bedanya, kedua aplikasi ini dapat mengenali Bahasa Indonesia, dan puluhan bahasa serta dialek lainnya.

“Aplikasi ini memudahkan pengguna, sekaligus dapat mempersingkat ‘perintah’ hingga lima kali lebih cepat dibanding mengetik,” ujar Stuart Sharpe, Senior Director, Asia Pasifik Nuance Communication di Jakarta, Selasa, 31 Januari 2012.

Dragon Dictation merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengubah pesan suara menjadi pesan teks, dan dapat digunakan untuk mengirim SMS, email, status Facebook, atau Twitter.

Aplikasi ini juga memiliki fitur Auto Save yang berfungsi menyimpan teks yang telah diucapkan bila terdapat telepon masuk saat pengguna tengah mendikte.

Sementara Dragon Search adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian di Internet hanya dengan mengucapkan pertanyaan.

Dalam aplikasi ini terdapat fitur Dragon Search Carousel, semacam kolom berisi pilihan berbagai channel, seperti Google, Yahoo!, Twitter, iTunes, Wikipedia dan YouTube.

Dengan fitur ini, pengguna dapat mencari satu topik di berbagai channel hanya dengan mengklik tautan channel, tanpa perlu berulang kali mengetik kata kunci.

Tempo sempat mencoba kedua aplikasi ini. Keduanya dapat mengenali banyak kata dengan baik. Hanya saja aplikasi ini masih kesulitan mengenali beberapa kata dengan pengucapan yang mirip seperti ‘Bali’ dan ‘kembali’.

Aplikasi ini sudah dapat mengenali kata ‘slank’ yang sudah familiar sejak lama, seperti ‘lebay’, namun bahasa ‘gaul’ yang muncul belakangan masih susah dikenali aplikasi ini.

Untuk penulisan yang salah, pengguna dapat mengedit atau menambahkan kata yang telah disusun oleh aplikasi ini.

“Kosakata di aplikasi ini akan terus diperbarui. Apabila ada satu kata yang sering diucapkan tapi tidak dikenali oleh aplikasi ini, sistem akan mencatatnya untuk ditambahkan,” ujar Koh Chee Keong, Solutions Consultant Nuance Communication menambahkan.

Saat ini aplikasi yang telah diluncurkan di 27 negara lain ini hanya tersedia untuk produk Apple, yaitu iPad, iPhone, dan iPod Touch yang menggunakan iOS 5. Saat ini keduanya dapat diunduh secara gratis di App Store.

baca juga : nexian xtreme, smrthphone paling irit baterai, harga dan spesifikasi iPhone 4s, strattegi perusahaan smartphone, spesifikasi notebook multimedia gigabyte 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s