CONSUMER ELECTRONICS SHOW CIPTAKAN KARTU KREDIT CANGGIH ANTI MALING

CONSUMER Electronics Show (CES) di Las Vegas tahun ini memamerkan beragam produk teknologi canggih. Termasuk kartu kredit model baru yang diklaim kebal terhadap aksi penggelapan.
Sebuah prototype kartu kredit dari Dynamics Inc disebut-sebut menjadi solusi dalam pemberantasan aksi penggelapan.
Secara kasat mata, kartu kredit ini memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dari kartu kredit pada umumnya. Kartu ini bekerja dengan sebuah baterai mungil yang tahan hingga bertahun-tahun.
Baterai ini menjadi tenaga untuk mengaktifkan nomor PIN baru setiap kali kartu kredit digunakan. Nomor yang tersimpan di strip magnetik di kartu kredit pun berubah, sehingga tidak bisa dikloning.
Saat kartu digunakan dan Anda memasukkan nomor PIN, maka akan muncul nomor PIN kedua yang berbeda-beda setiap kali transaksi dilakukan. Tanpa memasukkan kode kedua, transaksi tidak dapat dilakukan.
“Saat ini yang Anda butuhkan untuk mencuri kartu kredit hanyalah pulpen dan pensil atau card reader portable,” tutur juru bicara Dynamics Inc, seperti dikutip Daily Mail, Kamis (12/1).
“Kartu kredit jenis baru ini secara otomatis menampilkan kode pengaman baru setiap kali digunakan bertransaksi. Kartu ini juga dilengkapi fitur display yang menampilkan tiga atau empat digit kode pengaman yang biasanya tercetak langsung di kartu,” lanjutnya.
Dynamics Inc menyebutkan, kartu ini juga dapat mengakses beberapa akun sekaligus dengan satu kartu. Saat kartu dalam keadaan non-aktif, magnetic strip di dalamnya tidak menampilkan nomor yang akurat, sehingga mencegah aksi ‘skim’ yang marak terjadi.
Prototype kartu ini dipamerkan di CES, ajang tahunan yang berlangsung di Las Vegas. Untuk sementara, kartu ini sedang menjalani masa percobaan oleh Citibank. (sumber:tabloidbintang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s