SAAT KOMPUTER MENGALAMI ERROR ATAU MENURUNNYA PERFORMA Merupakan Indikasi Adanya Crash

Masalah komputer mengalami error atau penurunan performa saat di pakai kadang membuat jengkel, karena selain menghambat pekerjaan juga membuang waktu lebih banyak.Komputer error bisa dialami siapa saja dan kapan saja. Permasalahan yang bisa bersumber dari segala komponen memang membuat Anda yang agak awam menjadi bingung mencari solusinya.
Instal ulang sistem operasi memang merupakan cara termudah. Sebelum melakukan hal tersebut ada baiknya mencari dahulu solusinya.  Selama permasalahan sebatas aplikasi atau sistem operasi semata, hal ini bisa dengan mudah dituntaskan dengan bantuan aplikasi system repair.
Berikut adalah beberapa contoh permasalahan yang kerap dijumpai pada sistem komputer beserta penyebabnya:
1. Tampilan layar biru (Blue Screen of Death)
Tampilan BSoD merupakan hal paling menyebalkan saat terjadi pada komputer Anda. Mau tidak mau Anda mesti melakukan booting ulang, parahnya hal ini bisa terjadi saat Anda belum menyimpan hasil kerjaan yang telah dibuat sebelumnya. Pesan ini memiliki maksud untuk memberitahukan adanya kesalahan yang terjadi dengan menampilkan kode-kode tertentu. Kebanyakan hal ini disebabkan oleh hardware yang mulai menunjukkan gejala tidak sehat atau adanya permasalahan dengan driver.
2. File DLL yang hilang
File Dynamic Link Library (DLL) merupakan pusat informasi dari sistem operasi yang berfungsi untuk menjalankan berbagai fungsi. File DLL yang hilang bisa disebabkan oleh proses kesalahan pada instalasi atau rusaknya file tersebut akibat virus dan hal lain.
3. Aplikasi yang tidak mau diinstal
Jika ada aplikasi yang tidak mau terinstal atau selalu mengalami kegagalan, bisa jadi karena komputer Anda tidak memiliki ruang harddisk yang cukup. Pada kasus ini, Anda perlu membebaskan ruang pada harddisk dengan menghapus file atau folder yang tidak penting atau telah memiliki backup.
4. Aplikasi berjalan lambat
Ada beberapa sebab kenapa bisa terjadinya hal ini. Namun kebanyakan hal ini bersumber dari sistem operasi atau aplikasi yang terpasang. Banyaknya aplikasi terselubung yang berjalan berbarengan atau tidak teraturnya penempatan file dan folder bisa menjadi penyebabnya.
5. Perilaku aplikasi yang tidak normal
Saat menjalankan aplikasi, tiba-tiba beberapa fungsi tidak bisa bekerja dengan baik. Misalnya, Microsoft Word yang mengalami hang saat mengaktifkan suatu fungsi. Hal ini bisa
disebabkan adanya kerusakan file tertentu atau bentrok dengan file lain. Biasanya Anda mesti melakukan update atau lakukan instal ulang pada aplikasi tersebut.
Hampir sebagian besar aplikasi system repair menangani permasalahan diatas dengan cara yang mudah dan cepat. Bahkan beberapa aplikasi tersebut memiliki feature tambahan guna meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s