PENDISTRIBUSIAN BBM DI INDONESIA TERSULIT DI DUNIA


Bahan Bakar Minyak adalah sektor yang menunjang kelangsungan berputarnya suatu roda ekonomi di berbagai sektor, tanpa itu sepertinya akan sulit, karena dengan langka atau sulitnya BBM pada suatu negara atau wilayah akan mempengaruhi semua sektor terutama sektor pendistribusian barang dan jasa, yang biasanya menjadi andalan dan penunjang sektor ekonomi.


“Luasnya teritorial wilayah Indonesia, yang terdiri dari banyak pulau membuat sulitnya pendistribusian BBM bersubsidi, apalagi harganya harus sama se-Indonesia,” katanya.

Belum lagi disparitas harga yang terlampau besar, yang menimbulkan praktik-praktik kejahatan, yakni penyelewengan BBM bersubsidi. Tidak hanya itu, terjadi pula penyelundupan ke negara lain.

“Banyak kasus kami temukan, seperti BBM PSO di jual ke industri, ada yang ke perkebunan dan banyak lagi. Sehingga pengawasannya pun cukup sulit,” ujarnya.

Karen berharap, tiga badan usaha yang ditunjuk BPH Migas, PT AKR Corporindo Tbk, PT Petronas Niaga Indonesia dan PT Surya Parna Niaga, dapat melakukan pengawasan sekaligus menyediakan dan mendistribusikan BBM Bersubsidi bersama-sama.

“Diharapkan ketiganya juga ikut peran aktif jalin kerjasama dengan Polisi, TNI dan Pemda setempat untuk mengawasi distribusi BBM bersubsidi. Jadi jika kedepannya ditemukan penyelewengan, ketiganya juga harus bertanggung jawab dan tidak hanya pihaknya saja yang disalahkan Pemerintah atau masyarakat,” tandasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s