WAJAH BARU FACEBOOK DENGAN TAMBAHAN TIMELINE APAKAH AMAN UNTUK PENGGUNANYA?

Facebook time line-Tambahan menu time line pada facebook | Setiap orang pengguna internet pasti tidak asing lagi dengan nama youtube, twitter dan facebok, terkadang kita juga jenuh denga tampilan itu-itu aja. Namun setelah sekian lama youtube, twitter dan facebook akhirnya berganti rupa untuk menghindari kejenuhan. 

Setelah Youtube menampilkan wajah barunya, kini giliran Facebook dengan wajah barunya siap memanjakan kita. Tampilan yang pertama dirilis di New Zealand tanggal 7 Desember kemarin mulai dapat kita nikmati. Pihak  Facebook mengungkapkan bahwa ini dimaksudkan untuk memudahkan kita untuk menemukan apa yang telah kita bagikan. Ya, semuanya… sejak aktivasi akun kita pertama kali hingga saat ini dapat kita lihat kembali. Timeline adalah fitur baru Facebook yang menggantikan halaman profil. Fitur ini menunjukkan cerita hidup yang terekam di Facebook, menampilkan semua postingan yang pernah dilakukan dari tahun ke tahun.

Tampilan baru ini membuat Facebook terlihat sangat menarik. Ada beberapa fitur tambahan diantaranya adalah fitur Your Cover. Your Cover ditampilkan  ukuran pixel 640 x 480 yang dapat diambil dari foto kita sebelumnya atau dengan meng-upload foto lain. Ini menjadikan akun kita akan terlihat seperti blog. Formatnya yang berdasarkan garis waktu kegiatan kita di Facebook juga membuatnya terlihat seperti majalah walaupun sedikit agak memusingkan pada awalnya.

Fitur baru yang ditawarkan Facebook adalah Your Story. Seperti yang telah diceritakan diawal bahwa kali ini Facebook menampilkan semua rekaman kegiatan kita selama menggunakan Facebook dari awal terdaftar hingga sekarang. Menu ini tersedia di sebelah kanan atas dengan item per tahun. Seluruh cerita update kita akan muncul, mulai status, foto, notes hingga event. Semua tersaji secara lengkap dari awal sampai sekarang. Fitur selanjutnya adalah Your Apps. Pada fitur ini, kita dapat menampilkan halaman like, games, hingga musik yang kita senangi tanpa harus membuka info pada akun kita ataupun pada akun orang yang akan kita lihat.

Sebelum benar-benar mengaktivasi tampilan Timeline Facebook, Facebook memberikan penawaran percobaan selama 1 minggu. Namun, jika Anda benar-benar mengaktifkan tampilan ini maka cukup dengan klik tombol/ pilihan Get Timeline maka tampilan Facebook anda akan permanen.

Amankah??

Sebelum Anda mem-permanen-kan tampilan timeline ini, Anda harus berpikir masak-masak terlebih dahulu. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa tampilan ini akan memperlihatkan semua postingan kita dari awal hingga akhir. Hal ini ternyata dirasa mengganggu privasi bagi beberapa orang di beberapa negara. Beberapa pengakuan dari mereka yang telah mencoba menggunakannya menganggap ini hal yang sangat bodoh. Bahkan  mereka berniat untuk menutup akun mereka daripada harus menampilkan privasi mereka di dunia maya.

Beragam reaksi muncul pada tampilan menakjubkan jejaring sosial ini. Walaupun perubahan tampilan membuat Profil Facebook User  menjadi lebih elegan, rapih dan fresh. Beberapa orang memberi label ‘menakutkan namun cantik’. Di sisi lain, para kritikus meningkatkan kekhawatiran mereka mengenai privasi. Facebook memang masih menyediakan pilihan untuk privasi, terutama untuk memunculkannya pada timeline. Namun ini dirasa masih belum cukup untuk menjaga privasi bagi mereka.

Mereka yang sangat kahawatir akan gangguan keamanan terhadap privasi akunnyanya kini harus mulai berjaga-jaga. Pada Majalah Forbes Amerika, mereka berkomentar, “Ini akan memaksa pengguna untuk melakukan beberapa pemeriksaan privasi. Membatasi item yang di-publish hanya dengan teman saja sepertinya kontrol privasi yang baik, tapi itu tergantung pada seberapa liberal Anda berteman”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s