MENCEGAH TERJEBAK PHISING DI INTENET

Semakin pintar dan canggih keamanan suatu situs, semakin canggih pula para oknum yang bertujuan baik maupun bertujuan buruk untuk mengambil atau mencuri informasi misal username dan password seseorang yang memang pada kenyataannya para oknum tersebut kebanyakan bertujuan buruk.

Oleh karena itu lebih bijaksanalah bagi para pengguna internet baik di facebook, email, twitter, dll. untuk selalu waspada. Sebelum saya terangkan cara pencegahannya, pertama saya akan menjelaskan pengertian dari phishing dan url.

Phising : adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik (Email) atau pesan instan (YM). Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing (‘memancing’), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.

Url / Link : URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator, fungsi URL di internet sama halnya dengan fungsi alamat rumah di dunia nyata. misal http://www.google.com http://www.facebook.com dan lain sebagainya. (Wikipedia)

Berikut Tips Untuk Mencegah Terjebak Phishing :

1. Jangan mengklik url atau Gambar yang berisi link pada akun email.
Para oknum yang tidak bertanggung jawab sering menggunakan email sebagai sarana untuk menjebak dan membajak akun anda.
Seringkali anda mendapatkan email yang berisi link misal :
“click here” dan lain sebagainya.

2. Perhatikan alamat situs yang kita kunjungi.
Hal ini sangat penting bagi rekan netter, saya ambil contoh ketika mengakses akun Social Networking anda seperti twitter dan facebook kedua situs ini sering kali dibajak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.
untuk mengamankan akun anda pastikan alamat website yang anda kunjungi sudah benar misalkan twitter pastikan alamat untuk mengaksesnya ialah http://www.twitter.com atau https://www.twitter.com jangan sampai anda terjebak dengan situs beralamatkan http://www.itwititer.com dan lain sebagainya.

3. Masuk situs dengan mengakses alamat situs yang aman.

Pastikan untuk selalu masuk situs penting dengan alamat situs yang aman misalkan untuk situs bank online, email, facebook dan twitter anda. Akseslah situs penting itu dengan mengetik alamat di address bar anda dimulai denganhtpps://

Sebagai tambahan,

    Berikut tingkatan keamanan situs :

Peringkat 1. Situs https:// Berwarna Hijau di address bar misal situs bank : Twitter, KlikBCA, Bank Mandiri, PayPal, AlertPay dan lain – lain


Peringkat 2. Situs https:// Berwarna Biru di address bar misal situs : Facebook dan lain – lain


Peringkat 3. Situs https:// Tanpa Warna di adress bar misal situs : Clixsure dan lain sebagainya.

Keterangan : Perhatikan Gambar address bar di atas, Warna tersebut terkadang bisa ditemukan ketika anda Pertama kali masuk situs tersebut, login atau ketika anda mendaftar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s