KANDIDAT PELATIH TIMNAS USIA 23- RAHMAD DARMAWAN

KANDIDAT KUAT CALON PELATIH TIMNAS U23 PENGGANTI RAHMAD DARMAWAN | Rahmad Darmawan pelatih Timnas Indonesia U23 yang berhasil mengantarkan Indonesia ke babak Final Sea Games 2011, pada tanggal (12/12/2011) resmi mengundurkan diri dari kursi pelatih. PSSI pun telah memiliki beberapa nama untuk mengisi kursi pelatih yang di tinggalkan oleh RD. Tentu saja PSSI memiliki kewenangan penuh dalam menunjuk siapa pelatih yang akan melati pemain Timnas U23. Diantaranya adalah ada calon dan kandidat kuat yang kemungkinan besar dipilih oleh PSSI, yaitu M Nizar yang saat ini pelatih Semen Padang, Aji Santoso dan Widodo C Putra yang notabene adalah Asisten dari RD. Meski Pelatih Tim Nasional usia di bawah 23 tahun Rahmad Darmawan baru kemarin menyerahkan surat pengunduran dirinya, namun Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) ternyata sudah mengantongi nama calon pengganti Rahmad. PSSI akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan bagi calon pelatih tim nasional.

“Kalau pengganti definitifnya itu domain komite eksekutif. Tapi penggantinya bisa pelatih Semen Padang (Nil Maizar). Itu satu alternatif,” kata Penanggungjawab Timnas Bernhard Limbong di Kantor PSSI di kawasan Gelora Bung karno, Rabu, 14 Desember 2011.

Limbong mengatakan pelatih timnas U23 nantinya harus memiliki kapasitas yang minimal setara dengan Rahmad Darmawan. Ia menilai Nil Maizar memenuhi syarat tersebut. Selain Nil Maizar, Limbong juga menyebut Aji Santoso dan Widodo C Putro. Keduanya adalah asisten pelatih Rahmad Darmawan. “Aji mumpuni, Widodo juga mumpuni,” katanya.

Aji dan Widodo, Limbong melanjutkan, telah menyerap teknik dan taktik yang kerap digunakan Rahmad Darmawan selama melatih skuad Garuda Muda. Hal ini bisa jadi modal mereka jika kelak menjadi pelatih kepala. “Mereka sudah menyerap sebagian walaupun tidak 100 persen,” katanya.

PSSI sendiri, kata Limbong, baru akan menggelar rapat untuk membahas pengganti Rahmad Darmawan awal tahun nanti. Yang pasti, Limbong melanjutkan, pengganti Rahmad Darmawan adalah pelatih lokal. “Kalau untuk Usia 23 harus pelatih lokal, dari negeri sendiri, agar pada saatnya nanti menjadi pelatih senior,” katanya.(sumber: tempo.co)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s