PRESIDEN AMERIKA BARACK OBAMA Minta Iran Kembalikan Pesawat Mata-matanya

Presiden Barack Obama mengatakan pemerintahnya telah mengirimkan surat resmi kepada Iran untuk mengembalikan pesawat mata-mata Amerika Serikat yang diklaim tertembak jatuh. Permohonan AS ini sepertinya akan berujung nihil, sebab Iran telah mengumumkan bahwa pesawat itu terlalu berharga untuk dikembalikan.

“Kami telah memintanya dikembalikan. Sekarang tinggal kita tunggu respon dari Iran,” kata Obama, dilansir dari CNN, Senin 12 Desember 2011.

Pentagon sebelumnya tidak mengakui klaim Iran. Namun, mereka membenarkan adanya satu pesawat mata-mata mereka yang hilang. Pesawat nirawak tipe RQ-170 sentinel tersebut bertugas untuk memantau Afganistan dan wilayah sekitarnya.

Iran sebelumnya mengatakan tidak akan mengembalikan pesawat tersebut. Militer Iran mengatakan pesawat itu telah melanggar wilayah mereka dan dianggap sebagai sebuah bentuk invasi. Pesawat ini akan dibedah dan dikorek informasi yang terdapat di dalamnya.

Ditanya mengenai apa saja informasi yang mungkin dapat diperoleh Iran, Obama menolak berkomentar. Menteri Pertahanan AS, Leon Panetta, mengatakan bahwa AS juga masih menduga-duga apa informasi yang terdapat di dalamnya dan bagaimana Iran mengambilnya. “Sulit mengetahui seberapa jauh mereka dapat memperoleh bagian itu (informasi),” kata Panetta.

Baik Panetta dan Menteri Luar Negeri Hillary Clinton pesimistis Iran akan mengembalikan pesawat tersebut. Clinton mengatakan, tindakan Iran ini sangat provokatif dan berbahaya bagi keamanan mereka sendiri.

“Melihat perilaku Iran sampai saat ini, kami tidak berharap mereka memenuhi permintaan kami. Kami telah menghadapi provokasi dan tindakan yang diambil Iran. Langkah diambil Iran sangat berbahaya bagi mereka dan bagi kawasan,” kata Clinton. (sumber:vivanews)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s