INILAH DAFTAR LENGKAP PEMENANG PIALA CITRA 2011 Film dan Artis Pemenang Piala Cita 2011

PEMENANG PIALA FFI 2011 | Musik berdalun, tak asing di telinga. Medley soundtrack film, membuka malam penghargaan bagi sineas film berprestasi: Festival Film Indonesia 2011.

Mengusung tema ‘Perbaikan Membutuhkan Perbaikan’, FFI tahun ini tak hanya menganugerahkan Piala Citra bagi sineas film bioskop, film pendek, dan film dokumenter. FFI juga memberikan penghargaan tertinggi bagi sineas film televisi melalui Piala Vidia.

Ada 13 kategori nominasi Piala Vidia dan 16 kategori nominasi Piala Citra. “Semoga industri perfilman Indonesia semakin berkualitas, tidak hanya dari segi penontonnya tetapi juga dari filmnya,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, di Gedung Pariwisata.

Jika pemenang Piala Vidia telah dibacakan pada Selasa, 6 Desember 2011, para peraih Piala Citra terkuak di Jakarta Sabtu malam, 10 Desember 2011. Nominasi demi nominasi dibacakan. Dari pemeran pendukung pria terbaik hingga film terbaik 2011.

Aktor senior Mathias Muchus berhasil menyabet penghargaan sebagai pemeran pendukung pria terbaik melalui film ‘Pengejar Angin’, mendampingi Dewi Irawan sebagai pemeran pendukung wanita terbaik melalui film ‘Sang Penari’.

Kalau penghargaan pemeran pendukung terbaik dimenangkan oleh aktor dan aktris senior, berbeda dengan pemeran pria dan wanita terbaik yang justru dimenangkan oleh aktor dan aktris muda berbakat Indonesia.

Akting memukau aktor muda Emir Mahira dalam ‘Rumah Tanpa Jendela’ mampu membuat juri memutuskan dirinya berhak mendapatkan penghargaan sebagai aktor terbaik. Sama halnya dengan Prisia Nasution sebagai pemeran wanita terbaik. Lenggak-lenggoknya sebagai nyai ronggeng di film ‘Sang Penari’ mampu membius dewan juri FFI 2011.

Sutradara muda Ifa Isfansyah melalui Sang Penari pun menyabet penghargaan sebagai sutradra terbaik. “10 tahun yang lalu saya mulai dengan film pendek, 5 tahun yang lalu saya mendapatkan penghargaan untuk film pendek tapi tidak diberikan kesempatan bicara, jadi berikan saya waktu untuk berbicara,” ujarnya menyatakan kekecewaan atas diskriminasi terhadap film pendek yang hanya dibacakan secara off air.

Melengkapi kemenangannya di beberapa kategori, ‘Sang Penari’ berhasil menyabet penghargaan di kategori film terbaik. Film yang diperankan oleh Prisia Nasution, dan Oka Antara ini berhasil mengalahkan nominator kuat lainnya seperti “?”, ‘Masih Bukan Cinta Biasa’, ‘Tendangn Dari Langit’, dan ‘The Mirror Never Lies’.

Berikut para pemenang FFI 2011:

Pemeran pendukung pria terbaik: Mathias Muchus (Pengejar Angin)
Pemeran pendukung wanita terbaik: Dewi Irawan (Sang Penari)
Penyunting gambar terbaik: Aline Jusria & Dinda Amanda (Catatan si Boy)
Pengarah artistik terbaik: Fauzi (Tendangan dari Langit)
Penata musik terbaik: Thoersi Argeswara (The Mirror Never Lies)
Penata suara terbaik: Aditya susanto & M Ichsan Racmaditta (Masih Bukan Cinta Biasa)
Penulis cerita asli terbaik: Kamila Andini (The Miror Never Lies)
Penulis skenario terbaik: Benni setiawan (Masih Bukan Cinta Biasa)
Penata sinematografi terbaik: Yandi sugandi (“?”)
Pemeran utama wanita terbaik: Prisia Nasution (Sang Penari)
Pemeran utama pria terbaik: Emir Mahira (Rumah Tanpa Jendela)
Sutradara terbaik: Ifa Isfansyah (Sang Penari)
Film terbaik: Sang Penari. (sumber:vivanews)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s