TRIK JURUS JUSUF KALA Tangani PNS Muda Yang Korupsi

 Gayus Tambunan yang fenomenal ternyata bukan satu-satunya pegawai negeri sipil (PNS) muda yang bergelimang harta miliaran rupiah. Temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengumumkan temuan mengejutkan: ada 10 PNS muda yang kaya raya. Uang miliaran rupiah ada dalam rekening mereka. 

Pegawai muda ini umumnya golongan III B sampai IV yang potensial dan menduduki tempat-tempat strategis di lembaga negara.

Menanggapi soal itu, mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla mengatakan para pegawai negeri yang melakukan korupsi atau memperkaya diri dengan menyalahgunaan jabatan adalah koruptor. Untuk mengatasi hal itu, JK mengaku memiliki setidaknya tiga buah solusi.

“Semuanya gabungan banyak hal, pertama, penegakan hukum, oleh karena itu KPK harus bekerja keras,” kata JK saat ditemui di Universitas Paramadina, Jakarta, Rabu 7 Desember 2011.

Kedua, dia menambahkan, soal kesejahteraan. “Ini kadang tidak ada habisnya kalau kita bicara kesejahteraan. Naik gaji tetap korupsi juga, tentu kalau tidak naik gaji akan lebih susah lagi,” tambah Kalla. Sementara yang ketiga adalah pengawasan internal.

Dalam kesempatan itu, pria yang pernah menjadi Ketua Umum DPP Partai Golkar itu menilai persoalan koruptor bukanlah soal usia tetapi soal siapa yang melanggar hukum. Menurutnya, sikap memperkaya diri sendiri dengan mengambil uang negara, siapapun baik muda, tua, atau menengah harus ditindak.

“Cuma dengan catatan, kalau dia muda berarti ini betul-betul korupsi sudah menjadi bagian daripada banyak kegiatan-kegiatan (melanggar hukum), walaupun masih freshorangnya,” ujarnya.

JK menambahkan KPK harus memeriksa rekening gendut PNS itu tetapi tidak boleh berhenti sampai di sana saja, mereka juga harus menindak siapapun yang melanggar hukum. 

Dia menilai rekening gendut tidak serta merta berarti seseorang harus dinyatakan korupsi. “Mungkin dia punya warisan, tidak otomatis. Tetapi yang melanggar hukum pasti korupsi,” terangnya (sumber:vivanews)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s