LAMPU BIO KUNANG-KUNANG TEMUAN PHILPS Ini Menggunakan Sumber Tenaga Bakteri

Saat ini lampu yang ada di pasaran semuanya terbuat dari benda mati. Namun kini perusahaan elektronik Philips berhasil membuat lampu yang berasal dari makhluk hidup.

Philips berhasil menciptakan ‘lampu-bio’ yang mampu memberi ruangan di rumah cahaya hangat dan nyaman. Lampu yang terdiri dari serangkaian ruang kaca ini memberi cahaya seperti metode yang terjadi pada kunang-kunanga dan cacing menyala.

Botol kaca berisi bakteri bioluminescent ini akan memancarkan cahaya hijau saat metan merah dipompakan ke dalam unit pencahayaan ini melalui pengolah limbah rumah tangga.

Ahli biologi tanaman Jim Haseloff dari Cambridge University mengatakan, model ini merupakan pengembangan penting dalam pencarian sumber cahaya berkelanjutan.

“Ini bisa memberi cahaya secara gratis,” katanya seperti dikutip DM.

Philips yakin teknik ini dapat digunakan untuk mengiluminasi pinggir jalan dengan tanaman menyala. Kita harus memikirkan ulang cara mengonsumsi energi dan cara orang menyimpan sumber daya, kata Clive van Heerden dari Philips Design.

“Perancang memiliki tugas memahami kedaruratan situasi ini dan menterjemahkannya menjadi solusi kebutuhan manusia, “ tutupnya (detik.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s