KILAS BALIK 2001 : Teroris Norwegia Yang Membantai 91 Orang

Hari itu tanggal 22 Juli 20111. Sebuah bom meledak, merenggut tujuh nyawa di pusat kota Oslo, Norwegia. Satu jam kemudian, seorang pria bersenjata menembaki anak-anak muda yang tengah melakukan retret di Pulau Utoya, 50 mil sebelah utara ibukota.

Anders Behring Breivik mengenakan seragam polisi dan meminta korbannya berkumpul sebelum mulai membombardir Pulau Otoya. Di pulau itu sekitar 700 pemuda tengah menghadiri pertemuan organisasi pemuda Partai Buruh yang berkuasa.

Pria berusia 32 tahun itu berkeliling pulau selama sekitar satu setengah jam, mencari siapa pun yang bisa ditembak. Korbannya berusaha bersembunyi di semak-semak, gua dan di antara bangunan. Sebagian nekat berenang untuk pergi dari pulau. Tapi Breivik menyadari hal ini dan remaja malang itu pun tak luput dari tembakan.

Bantuan tak segera datang. Orang yang pertama kali tiba di pulau itu adalah Marcel Gleffem, seorang Jerman. Dia bolak-balik lima kali dengan kapal untuk memungut 30 anak yang melarikan diri dengan cara berenang di laut. Sebanyak 40 orang diselamatkan dengan cara yang sama oleh pasangan lesbian Hege Dalen dan Toril Hansen, dan puluhan lain oleh Kasper Ilaug. Bantuan datang dan menangkap Breivik yang mulai kehabisan amunisi.

Breivik menerbitkan manifesto “2083 – A European Declaration of Independence” setebal 1500 halaman secara online, sejam sebelum serangan. Manifestonya menekankan pentingnya Perang Salib melawan muslim di Eropa. Tulisan ini penuh ancaman pada imigran muslim di Eropa, bahwa mereka akan dihukum karena telah melakukan tindakan khianat. Menurutnya, tindakan ini adalah untuk memberikan peringatan agar Norwegia tak dijajah kaum muslim.

Lebih dari 250 ribu orang (26 Juli) menggelar pawai dukacita di Oslo dan kota-kota lainnya di Norwegia. Perdana Menteri Jens Stoltenberg, Raja Harald V dan Ratu Sonja ikut turun ke jalan mengenang 91 korban tewas akibat ulah gila Breivik.

Media Eropa menyebut kejadian ini sebagai tragedi terburuk sejak Perang Dunia II. (sumber:yahooIndonesia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s