RI-AS Sepakati Hibah USD 600 Juta, Untuk Megatasi Kemiskinan

Menteri Keuangan Agus Martowardojo dan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton, selaku Ketua Millennium Challenge Corporation (MCC) telah menandatangani Grant Agreement Millennium Challenge Corporation Compact Program di Bali, pada 19 November 2011. Program hibah senilai US$ 600 juta tersebut bertujuan mengurangi angka kemiskinan melalui pertumbuhan ekonomi, khususnya dengan peningkatan pendapatan rumah tangga.
Seperti dikuip dari website Kementerian Luar Negeri, Program MCC berfokus pada 3 proyek, yaitu green prosperity, community based nutrition project dan procurement modernization project.

Mneteri Luar Negeri Clinton berharap, melalui MCC, yang merupakan salah satu implementasi nyata Kemitraan Komprehensif RI-AS, dapat memperkuat kerja sama kedua negara. “Indonesia adalah salah satu penerima hibah MCC terbesar,” ujar Clinton, usai penandatanganan.
Menurutnya, terdapat kesamaan nilai RI-AS yang tertuang dalam ketiga program MCC, yaitu kedua negara mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan yang didasarkan pada green development. Untuk program nutrisi, MCC direncanakan menjangkau 2,5 juta anak di 7.000 desa tertinggal.
AS, sambung Clinton, juga berkomitmen meningkatkan capacity building aparat penyelenggara negara dan transparansi pengadaan barang dan jasa melaluiprocurement project.
“Kerja sama pengurangan kemiskinan selain di tingkat bilateral, juga dilakukan di tingkat multilateral antara kedua negara antara lain melalui program PBB, yaitu Scaling Up Nutrition (SUN) dan Open Government Partnership (OGP),” tambahnya.
Sejalan dengan itu, Menkeu Martowardojo juga menyampaikan bahwa MCC merupakan refleksi kerjasama erat kedua negara di bawah payung Kemitraan Komprehensif baik di tingkat bilateral maupun global yang paralel dengan kerjasama pada OGP dan program-program PBB seperti SUN.
Ia menyampaikan rasa percaya bahwa program MCC ini akan dapat berkontribusi dalam meningkatkan pembangunan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan. “Untuk itu, program MCC akan diarahkan ke daerah-daerah yang kurang berkembang,” jelasnya.
Acara penandatangganan persetujuan MCC itu juga dihadiri Wamen PPN/Wakil Kepala Bappenas dan CEO MCC serta anggota Steering Committee MCC Indonesia.
Pada kesempatan itu, CEO MCC Daniel Yohannes menuturkan bahwa program MCC adalah buah kerjasama erat antara berbagai institusi di Indonesia dengan MCC Indonesia. “Penandatanganannya merupakan tonggak bersejarah dalam lingkup Kemitraan Komprehensif yang telah berjalan selama satu tahun,” papar Yohannes. (sumber:infobank)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s