Amankah Minuman Berenergi Bagi Tubuh Kita?

Kita semua mengenal minuman berenergi, banyak produk di pasaran bergbagai macam dari yang botolan hingga yang berbungkus, minuman ini menjadi solusi bagi para pekerja atau orang beraktivisa tinggi, tapi apakah minuman ini aman?

Dilansir melalui Redorbit, Minggu (20/11/2011), Lola O’Rourke, seorang ahli gizi bertempat tinggal di Seattle mengatakan bahwa minuman energi yang menjanjikan peningkatan ketahanan dan kejernihan mental seringkali mengandung zat stimulan, dinilai bisa berbahaya bagi tubuh.

Minuman elektrolit seperti Gatorade dan Powerade mengisi ulang energi tubuh lewat proses penggantian zat-zat yang digunakan otot saat bergerak. Minuman ini dibuat untuk atlet yang ingin memulihkan tubuhnya setelah aktivitas fisik berat. Sedangkan minuman penambah energi, umumnya mengandung zat stimulan legal seperti caffeine, karbohidrat, herbal, dan kadang-kadang mengandung gula.

Minuman elektrolit umumnya mengandung gula, air, dan elektrolit (termasuk sodium, potasium, fosfat, kalsium, dan magnesium). Untuk minuman elektrolit ini sebaiknya memilih yang kadar gulanya rendah. Sedangkan untuk minuman penambah energi, sebaiknya memilih yang kadar kafeinnya rendah, serta jangan lupa untuk mencari tahu bahan-bahan yang dipakai dalam pembuatannya.

Atlet level tinggi yang biasanya melakukan latihan berat, memang dapat memperoleh manfaat dari minuman pengganti elektrolit. Namun atlet biasa dan konsumen umumnya tidak memerlukan secara berlebihan.

Ini berkaitan dengan risiko yang bisa terjadi. Atlet yang terlalu mengandalkan minuman untuk olah raga bisa mengalami overdosis dan mengganggu keseimbangan elektrolit tubuhnya.

Risiko minuman penambah tenaga lebih berbahaya lagi. O’Rourke mengatakan, “Kombinasi antara kelebihan caffeine dan herbal yang belum banyak diketahui bisa menimbulkan penyakit.”

Caffeine dapat mengurangi kadar kalsium di tulang. Selain itu mencampur minuman energy dengan minuman beralkohol dapat menimbulkan gangguan jantung.

Menurut O’Rourke, jalan paling aman untuk tetap bertenaga adalah,”Diet yang seimbang antara air, makanan berserat, buah yang mengandung antioksidan, dan protein akan memberi nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap terjaga dan bertenaga.” (sumber: okezone.com)

baca juga: seberapa kuat manusi tanpa minum, salah satu jenis kanker darah, mobil otomatis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s